Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran
Sumber :
  • bbc.com

VIVA – Di balik serangan militer Iran ke Israel pekan lalu, ternyata ada dua senjata yang dianggap memiliki kekuatan perang Islam di masa Nabi Muhammad.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Kedua senjata adalah Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM), yang menjadi andalan armada Negeri Mullah.

Seperti yang diketahui, Iran membombardir Israel dengan ratusan drone, roket dan rudal pada 13 hingga 14 April 2024 lalu. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Serangan tersebut terangkum dalam Operation True Promise (Operasi Janji Sejati), yang digagas oleh Tentara Republik Islam (Artesh) dan Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC).

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Photo :
  • middle-east-online.com
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari media Israel, Maariv, tercatat ada empat Rudal Balistik Jarak Menengah yang ditembakkan militer Iran ke Negeri Zionis.

Salah satu diantaranya adalah rudal Kheibar Shekan, yang dioperasikan oleh satuan elite militer Iran IRGC. Laporan ini diungkap oleh pakar militer Israel, Or Fialkov, pada 17 April 2024.

Nama rudal Kheibar Shekan diambil dari salah satu dari Perang Khaybar, yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad pada tahun 628 atau 7 Hijriah. Rudal Iran ini dirancang langsung dan diproduksi oleh IRGC sejak 2022. 

Dalam catatan Fialkov, Kheibar Shekan disebut mampu menjangkau sasaran sejauh 1.450 kilometer (900 mil) dengan kecepatan 5 Mach (6.125 kilometer per jam) dan memiliki hulu ledak seberat 500 kilogram.

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Photo :
  • sputniknews.com

Selain Kheibar Shekan, militer Iran juga meluncurkan Rudal Balistik Jarak Menengah lainnya semisal Emad, Ghadr-110 (Qadr-110) dan Shahab-3B.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya