Rudal Amerika Hantam Kapal Perang Pembawa Nuklir Militer Rusia

VIVA Militer: Kapal perang Rusia jadi sasaran serangan rudal Ukraina
Sumber :
  • marinelink.com

VIVA  –  Militer Ukraina mengklaim kembali berhasil menghancurkan kapal perang Rusia . Kali ini, pasukan Volodymyr Zelensky menyerang kapal perang jenis korvet Tsiklon (801) di Sevastopol, Republik Otonomi Krimea, Minggu 19 Mei 2024.  

Perkuat Keamanan di Indo-Pasifik, Wakasal Terima Kunjungan Panglima Perang Indopacom US Navy

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari Euromaidan Press , kapal perang kelas Karakurt itu dihantam dua rudal MGM-140 ATACMS (Army Tactical Missile System) buatan Amerika Serikat (AS).

Saat serangan terjadi kapal perang Tsiklon tengah parkir di pangkalan Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia (VMF). 

Jenderal Tinggi Israel Lakukan Pertemuan Dengan Pemimpin Militer Arab dan AS

Penggunaan dua rudal ATACMS juga dikonfirmasi langsung oleh Juru Bicara Angkatan Laut Ukraina, Kapten Dmytro Pletenchuk.

VIVA Militer: Kapal perang jenis korvet kelas Karakurt militer Rusia

Photo :
  • defence-ua.com
Setelah Rusia, Kini Kapal Selam Nuklir Milik AS Tiba di Perairan Kuba

Hancurnya kapal perang Tsiklon  disebut militer Ukraina sebagai pukulan telak terhadap kekuatan Armada Laut Hitam Angkatan Rusia. 

Sebab, Tsiklon adalah salah satu dari sedikit kapal perang Rusia yang mampu membawa rudal jelajah berkemampuan nuklir, 3M54-1 Kalibr .

“Hilangnya kapal perang ini, berarti militer Rusia tidak punya lagi kapal rudal permukaan Kalibr yang berbasis di Semenanjung Krimea,” ujar Pletenchuk dilansir VIVA Militer dari Kyiv Independent .

Tsiklon sendiri adalah kapal perang jenis korvet kelas Karakurt pemilik nama lain Project 22800 , adalah yang kedua menjadi sasaran pengungkapan tentara Ukraina .

VIVA Militer: Kapal perang Tsiklon (801) Angkatan Laut Rusia

Photo :
  • euromaidanpress.com

Pasalnya pada November 2023 lalu, militer Rusia juga kehilangan kapal perang yang berasal dari jenis dan kelas yang sama, Askold (802) , yang juga menjadi sasaran serangan rudal Storm Shadow .
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya