Mengenal Satuan Bantuan Administrasi TNI AD

VIVA Militer: Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat
Sumber :
  • Website TNI AD

VIVA – Sebagai pasukan terbesar dalam satuan Tentara Nasional Indonesia (TNI), matra Angkatan Darat terbagi menjadi tiga kecabangan utama yang nantinya akan dipilih oleh para prajurit baru yang baru lulus dari pendidikan militer.

Nekat Terobos Masuk Kompleks Militer Halim, Geng Motor Bersajam Ditangkap Prajurit TNI

Ketiga kecabangan yang ada di TNI AD terdiri dari Satuan Tempur (Satpur), Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur), dan Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin). Ketiga kecabangan ini masih akan terbagi lagi dalam beberapa satuan di dalamnya dan bisa dikenali dengan warna baretnya. 

Meski tidak semua satuan mengenakan baret, namun perannya tetap penting dalam mendukung setiap misi TNI AD. Nah VIVA Militer edisi Jumat 17 Juli 2020, akan membahas mengenai kecabangan terakhir TNI AD yaitu Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin).

Malam Menegangkan di Laut Perbatasan Malaysia, Kopaska TNI Temukan Kristal Seharga 1,5 Miliar
  1. Polisi Militer

Berada di bawah Pusat Polisi Militer Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Puspomad) dipimpin oleh seorang komandan berpangkat Mayor Jenderal. Satuan yang mengenakan baret berwarna biru ini memiliki fungsi utamanya untuk membantu tugas kesatuan lain. Dalam hal ini adalah pengurusan mengenai hukum militer.

Kelelahan, 30 Tentara Israel Ogah Serang Wilayah Rafah

VIVA Militer: Polisi Militer Lakukan Sidak Kendaraan

  1. Ajudan Jenderal

Meski satuan ini tidak memiliki baret sebagai pembedanya, namun fungsinya juga tidak kalah penting yaitu mengurus administrasi militer dan umum (PNS). Seperti nama kesatuannya, prajurit yang tergabung dalam satuan ini tentu harus menemani jenderalnya ke manapun ia akan pergi.

Satuan ini berada di bawah komando Direktorat Ajudan Jenderal Angkatan Darat (Ditajenad) dan komandannya berpangkat Brigadir Jenderal.

  1. Pembekalan Angkutan

Kesatuan Pembekalan Angkutan atau Bekang memiliki fungsi utamanya yang menyediakan pelayanan persediaan logistik tempur dan angkutan perang. Satuan Bekang dapat dikenali dengan baretnya yang berwarna biru tua.

Bekang berada di bawah Komando Pusat Pembekalan Angkatan Darat (Pusbekangad) yang dipimpin oleh seorang komandan berpangkat Mayor Jenderal.

  1. Topografi

Topografi merupakan kesatuan yang memiliki fungsi utamanya untuk membuat peta tempur dan kepengurusan topografi. Topografi berada di bawah komando Direktorat Topografi Angkatan Darat (Dittopad) yang komandannya berpangkat Brigadir Jenderal.

VIVA Militer: Prajurit Topografi TNI AD

  1. Kesehatan Militer

Seperti namanya tentu fungsi utama dari satuan ini adalah untuk membina kesehatan para prajurit. Kesehatan Militer berada di bawah komando Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad) yang kepalanya berpangkat Mayor Jenderal.

  1. Keuangan

Meski tidak menggunakan baret sebagai pengenalnya, satuan Keuangan ini berfungsi untuk membina administrasi keuangan militer. Satuan ini berada di bawah komando Direktorat Keuangan Angkatan Darat (Ditkuad) yang komandannya berpangkat Brigadir Jenderal.

  1. Hukum

Merupakan kesatuan yang berfungsi untuk membina hukum dan peradilan militer. Hukum berada di bawah komando Direktorat Hukum Angkatan Darat (Ditkumad) yang komandannya berpangkat Brigadir Jenderal.

Surat Terakhir Jenderal Besar TNI Soedirman Sebelum Meninggal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya