Letkol TNI Nirwan Ikut Bakar Batu di Depan Gereja Damai

VIVA Militer: Prajurit TNI ikut serta dalam prosesi adat Bakar Batu di Papua
Sumber :
  • Instagram/@tni_angkatan_darat

VIVA – Sukacita merayakan Hari Natal tak hanya dirasakan oleh umat Kristiani di kota-kota besar. Ada cerita dari pedalaman Papua, tepatnya di Distrik Bolakme, Kabupaten Jayawijaya. Ada kisah menarik saat Perwira Pertama (Pama) TNI Angkatan Darat ikut melakukan prosesi adat bersama warga setempat.

Transformasi Kualitas Demokrasi di Papua

Dalam pantauan VIVA Militer dari akun Instagram resmi TNI Angkatan Darat, sejumlah foto menunjukkan bagaimana Letda Inf Nirwan Adi Putranto yang bertindak sebagai Komandan Pos (Danpos) Bolakme, ikut serta dalam acara adat masyarakat Papua, Bakar Batu.

Tepatnya pada Senin 21 Desember 2020, Nirwan beserta Wadanpos, Serda Said Adma, ambil bagian dalam prosesi adat Bakar Batu di depan Gereja Damai, Bolakme.

Mahasiswa Papua Pemukul AKBP Ferikson Ditangkap

Perlu diketahui, prosesi adat Bakar Batu adalah salah satu tradisi masyarakat Papua berupa ritual memasak bersama di suatu kampung. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur dalam menyambut kebahagiaan.

Dalam acara itu, Nirwan dan Said berserta warga Bolakme membakar sejumlah potong daging ayam, ubi-ubian, dan sayuran. Setelah itu, para Nirwan, Said, dan prajurit TNI lainnya ikut makan bersama warga Bolakme.

Bawa Bendera Bintang Kejora, Mahasiswa Papua Memaksa Demo di Istana

"Pos Bolakme dan Pemuda Kp. Bolakme Adakan Acara Bakar Batu Menyambut Hari Raya Natal," bunyi pernyataan TNI Angkatan Darat.

"Dalam menyambut datangnya Hari Raya Natal, Pos Bolakme yang dipimpin Danpos Letda Inf Nirwan Adi Putranto bersama Wadanpos Serda Said Adma dan seluruh Pemuda Kp. Bolakme adakan acara Bakar Batu di Gereja Damai," lanjut pernyataan tersebut.

Ilustrasi TNI

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Roadmap repatriasi hak militer Sumber daya pertahanan negara.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024