Tempuh Perjalanan 5600 Kilometer Pasukan TNI Penumpas GPK Masuk Papua

VIVA Militer: Pasukan Yonif 131/BRS, Kodam I Bukit Barisan.
Sumber :
  • Yonif 131/BRS

VIVA – Setelah menempuh perjalanan lebih dari lima ribu kilometer, akhirnya pasukan tempur Komando Daerah Militer (Kodam) II/Bukit Barisan dari Batalyon Infanteri 131/Braja Sakti tembus Papua.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Berdasarkan siaran resmi yang dilansir VIVA Militer, Senin 8 Maret 2021, sebanyak 450 prajurit TNI Yonif 131/BRS telah tiba di Jayapura, Papua.

Pasukan Yonif 131/BRS tiba di Pelabuhan Umum Jayapura dengan menumpangi Kapal Perang KRI Tanjung Kambani 971 milik TNI Angkatan Laut.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

"Hari ini kami tiba di Jayapura dan sesuai prosedur protokoler kesehatan, kami melaksanakan penyemprotan disinfektan dilanjutkan dengan rapid test antigen yang diselenggarakan oleh Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) Waena, Jayapura. Alhamdulillah seluruh prajurit kami dinyatakan Negatif dan siap melaksanakan tugas Operasi," kata Komandan Yonif 131/BRS, Letnan Kolonel Muhammad Erfani.

Photo :
  • Yonif 131/BRS
Transformasi Kualitas Demokrasi di Papua

Prajurit TNI Yonif 131/BRS mulai meninggalkan markas mereka di Kelurahan Ranah Tiakar, Payakumbuh, Sumatera Barat, pada 12 Februari 2021.

Yonif 131/BRS dikerahkan TNI ke Papua, dalam rangka penugasan operasi Satuan Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini. Yang menariknya ini merupakan penugasan pertama mereka ke Papua.

Perlu diketahui, Yonif 131/BRS bukan pasukan tempur biasa. Mereka memiliki rekam jejak operasi militer yang luar biasa terutama dalam menumpas GPK. Tercatat dari tahun 1977 hingga tahun 2000, batalyon ini terlibat dalam penumpasan GPK di Aceh dan Timor-timur.

Baca: Tentara Malaysia Kaget Ada Mayat Wanita Indonesia Terbaring di Pantai

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya