Cetak Sejarah Baru, Prajurit Wanita TNI AL Jadi Danlanal Bandung

VIVA Militer: Kolonel Laut (KH/P) Tresna Kusumawati Jabat Danlanal Bandung
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Siapa bilang pemegang tongkat komando dalam sebuah satuan di dalam tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI) selalu dipegang oleh prajurit pria?

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Iya, karir di dalam tubuh militer atau TNI tidak pernah melihat status gender. Siapa pun yang berprestasi pasti akan mendapatkan posisi penting di lingkungan TNI.

Seperti halnya prajurit wanita TNI AL atau Kowal yang satu ini. Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati pekan lalu baru saja didapuk sebagai pemegang komando di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bandung.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Tepatnya pada tanggal 12 Maret 2021 lalu, Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati telah dilantik oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlamal) III, Brigjen TNI (Mar) Umar Faruq untuk menjadi Komandan Lanal Bandung di bawah kendali Pangkalan Angkatan Laut (Lantamal) III dalam jajaran Koarmabar.

Dia dipercaya Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono untuk menggantikan posisi Danlanal Bandung sebelumnya, yaitu Kolonel Laut (P) Batos Laksono.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

"Serah Terima Jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan hal yang akan selalu terjadi sebagai salah satu bentuk pola pembinaan karier, sekaligus mengandung makna penting dan strategis ditinjau dari upaya TNI untuk meningkatkan kualitas kinerja organisasi," kata Danlantamal III, Brigjen TNI (Mar) Umar Faruq dalam keterangan resminya yang dikutip VIVA Militer, Rabu, 17 Maret 2021.

Untuk diketahui, penunjukkan Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati itu merupakan sejarah baru dalam pemegang tongkat komando di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bandung tersebut. Karena sebelumnya, Lanal Bandung belum pernah dikomandoi oleh seorang prajurit wanita atau Kowal TNI AL.

Photo :
  • Dispenal

Dalam penelusuran VIVA Militer, sejumlah Perwira TNI Angkatan Laut yang pernah menjabat Danlanal Bandung diantaranya adalah, Kolonel Laut (P) Iswan Sutiswan pada tahun 2012-2014, Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo pada tahun 2014-2016, Kolonel Laut (P) Eko Vidiyantho pada tahun 2016-2017, Kolonel Laut (P) Sunar Solehuddin pada tahun 2017-2020, dan terakhir, Kolonel Laut (P) Batos Laksono pada tahun 2020-2021.

Perlu diketahui pula, jabatan Komandan Lanal Bandung bukanlah posisi yang biasa-biasa saja. Jika melihat dari zona atau wilayah kerjanya, Lanal Bandung memiliki wilayah kerja yang cukup luas dan medan yang cukup sulit.

Lanal Bandung bertanggung jawab di perairan yang terdapat di tiga kabupaten yang berada di Jawa Barat, yaitu Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Ciamis. Lanal Bandung membawahi tiga Pos Angkatan Laut (Posal), yaitu Posal Pelabuhan Ratu, Posal Cikelet, dan Posal Pangandaran.

Tentu bukanlah tugas yang mudah bagi seorang prajurit wanita atau Kowal TNI AL itu dalam melakukan pembinaan serta menjaga keamanan di wilayah perairan Jawa Barat tersebut.

Secara pengalaman memimpin satuan, jangan pernah sekali-kali meremehkan Kolonel Laut (KH/P) Tresna Kusumawati. Prajurit Kowal Alumni Sepa Milwa tahun 1989 itu tercatat memiliki segudang pengalaman baik di bidang pendidikan maupun dalam penugasan militer.

Berbagai jenjang pendidikan kemiliteran telah dilaksanakan seperti Orientasi matra laut 1989, Diklihpa tahun 1994/1995, Dikpafung I Banmin 1997, Sustekdikpa 1999/2000, Dikpafung II/ Minpers Angkatan-13 tahun 2000 dan Sus Manajemen Strategis angkatan-5 tahun 2010.

Sedangkan riwayat penugasan, Tresna Kusumawati pernah dipercaya untuk menduduki posisi strategis di TNI Angkatan Laut, diantaranya, Instruktur Pertama Kodikal, Kasirenavajian Pusdikbanmin Kodikal, Kasubdi Evadikpa Disdikal Mabesal, Pabandya Rendal IT Koarmatim, Pasmin Kolatarmatim, Pasminlog Kolatarmatim, Kasubdisdata Disminpers Lantamal V, Pabanren Spers  Lantamal V, Pabanren Srena Lantamal V, Koorsmin Koarmabar, Aspers Danlantamal V, dan terakhir Direktur Personel (Dirpers) Akademi Angkatan Laut (AAL).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya