Sangar, Kapal Selam TNI Andalan Prabowo Bisa Menghilang 50 Hari

VIVA Militer: Letjan TNI (Purn) PS dan Alugoro 405.
Sumber :
  • PT PAL

VIVA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Prabowo Subianto baru saja menyerahkan kapal selam andalan militer buatan dalam negeri, KRI Alugoro-405 kepada Panglima Tentara Nasional Indonesia, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Kapal selam terbesar di wilayah ASEAN ini diserahkan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke 15 itu untuk memperkuat alutsista TNI Angkatan Laut Komando Armada (Koarmada) II.

Berdasarkan siaran resmi Koarmada II TNI AL dilansir VIVA Militer, Rabu 17 Maret 2021, KRI Alugoro 405 bukan kapal selam kaleng-kaleng. Kapal buatan PT PAL Indonesia itu satu-satunya kapal selam yang berhasil diciptakan negara Asia Tenggara.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

KRI Alugoro memiliki tampang sangar, badannya sangat besar, panjangnya  saja mencapai 61,3 meter. Kapal berwarna hitam legam ini mampu menampung 40 kru.

Kecepatan kapal selam ini mencapai 21 knot di bawah permukaan air. Dan yang tak kalah hebatnya, Alugoro 405 mampu berlayar dan menghilang dari permukaan laut selama 50 hari.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Photo :
  • PT PAL

Memang dalam proses komando kendalinya, KRI Alugoro diserahkan Kemenhan ke Mabes TNI terlebih dahulu. Lalu Panglima TNI akan menyerahkannya kepada Mabes TNI AL melalui Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Dan berikutnya KSAL akan menyerahkan KRI Alugoro kepada Panglima Koarmada II, Laksda TNI I N.G. Sudihartawan. Setelah itu KRI Alugoro 405 akan dilayarkan di bawah kendali Koarmada II.

Perlu diketahui, menurut PT PAL, kapal selam ini diberi nama Alugoro, dengan mengambil cerita pewayangan. Alugoro merupakan salah satu senjata berbentuk gada yang dimiliki Prabu Baladewa.

Prabu Baladewa merupakan tokoh wayang yang dikenal adil, tegas dan jujur. Senjata Alugoro yang dimiliki Baladewa merupakan hadiah dari Batara Brama, yang merupakan guru dari Baladewa yang mengajarkan berbagai macam ilmu.

Senjata ini diberikan Batara Brama kepada Baladewa setelah dinyatakan lulus menuntut ilmu, di mana senjata ini memiliki kekuatan pemusnah yang sangat dahsyat. Senjata Alugoro berbentuk gada dengan kedua ujungnya yang runcing.

Baca: Marinir Kerahkan Komandan Harimau TNI ke Pulau Kosong Samudera Hindia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya