Armada Perang Udara TNI Disebut Kalah Kuat dari Thailand, Kok Bisa?

VIVA Militer: Jet tempur Sukhoi Su-27 TNI Angkatan Udara
Sumber :
  • tni-au.mili.id

VIVA – Tak perlu dipungkiri lagi bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhak menyandang status sebagai Raja Militer Asia Tenggara. Namun demikian, ada data yang menyebut bahwa armada tempur TNI Angkatan Udara justru kalah dari Angkatan Udara Kerajaan Thailand (RTAF).

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Menurut catatan yang dikutip VIVA Militer dari Global Firepower, Indonesia tetap berada di posisi ke-16 dengan armada militer terkuat di dunia. Meskipun hanya menempati urutan ke-16 dunia, TNI tetap berada di urutan pertama dengan armada tempur terkuat di kawasan Asia Tenggara.

Sebab, Indonesia unggul jauh di atas Vietnam yang berada di posisi ke-24 dunia, dan menduduki posisi kedua di Asia Tenggara. Sementara itu, Thailand menempati urutan ke-26 dan hanya berada di posisi ketiga Asia Tenggara.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Yang mencengangkan, VIVA Militer mendapatkan catatan dari Asian Community yang menunjukkan catatan data kekuatan militer 39 negara di Asia. Dalam data itu, Indonesia hanya berada di posisi ke-13. Posisi ini kalah empat tingkat dari Thailand yang berada di posisi ketujuh.

VIVA Militer: Jet tempur Sukhoi Su-27 TNI Angkatan Udara

Photo :
  • Youtube
Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Data ini cukup aneh. Mengingat, jika berpatokan kepada jumlah unit pesawat tempur maka TNI Angkatan Udara unggul jauh jika dibandingkan dengan Angkatan Udara Kerajaan Thailand.

Menurut data Flight Global, saat ini TNI Angkatan Udara memiliki total 101 unit pesawat tempur. 

Pesawat tempur TNI Angkatan Udara yang ada saat ini terdiri dari 33 unit F-16 Fighting Falcon, lima unit Sukhoi Su-27, 11 unit Sukhoi Su-30, 23 unit British Aerospace Hawk 200, 14 unit KAI T-50 Golden Eagle, dan 15 unit Embarer EMB 314 Super Tuscano.

Sementara itu, militer Thailand cuma mememiliki 92 unit pesawat tempur. Armada tempur militer udara Thailand terdiri dari 18 unit Dassault/Dornier Alpha Jet, 30 unit Northrop F-5, 37 unit F-16 Fighting Falcon dan tujuh unit SAAB JAS 39 Gripen.

VIVA Militer: Jet tempur Angkatan Udara Kerajaan Thailand

Photo :
  • Youtube

Lalu, dengan data yang ada disebut di atas bagaimana bisa TNI Angkatan Udara dikatakan kalah kuat dari Angkatan Udara Kerajaan Thailand? 

Melihat perkiraan jumlah personel, saat ini TNI Angkatan Udara disebut memiliki sekitar 37.850 prajurit. Sementara itu, Angkatan Udara Thailand punya 47.000 personel aktif. Melihat perkiraan jumlah personel, saat ini TNI Angkatan Udara disebut memiliki sekitar 37.850 prajurit. 

Ada kemungkinan, sektor ini lah yang menjadi dasar penentuan peringkat Thailand lebih tinggi dari Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya