TNI AL Selamatkan Nyawa Artis Ibukota yang Terdampar di Selat Bangka

VIVA Militer: Prajurit TNI AL selamatkan Bucek Depp di Selat Bangka
Sumber :
  • Pen. Lantamal III

VIVA – Komandan Lantamal III Jakarta, Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq menyatakan, Kapal Yatch Sv. Denok Bay yang ditumpangi salah satu artis ternama ibukota, Bucek Depp belum lama ini mengalami kerusakan mesin akibat cuaca buruk di Perairan Selat Bangka sekitar Selatan perairan Pulau Besar Kab. Bangka Selatan.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Kerusakan mesin tersebut menyebabkan kapal yang ditumpangi Bucek Depp sempat terombang-ambing di laut lepas.

Danlantamal III menambahkan, informasi kerusakan yang dialami Kapal Yacht berbendera Indonesia itu awalnya diperoleh dari jaringan UHF yang didapat oleh Pos Pengamat (Posmat) Toboali jajaran Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Babel. Saat itu, kata Danlantamal III, kapal diketahui berlayar dari Batam menuju Jakarta sejak tanggal 19 Agustus 2021.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

"Informasi berantai tersebut dilaporkan ke Komandan Lanal Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan sebagai laporan yang ditindaklanjuti dengan memerintahkan  Posmat Toboali agar segera memberikan pertolongan darurat kepada awak kapal dan kapalnya agar bisa selamat," kata Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq dalam keterangan resminya, Rabu, 1 September 2021.

Setelah berhasil terdeteksi keberadaannya, lanjut Brigjen TNI Umar Farouq, prajurit TNI Angkatan Laut dari Posmat Toboali kemudian melakukan evakuasi dengan menarik kapal Yacth yang belakangan diketahui dinakodai oleh Triadi Patria dan satu orang Anak Buah Kapal (ABK) yang bernama Bucek Deep menggunakan kapal Nelayan ke perairan Toboali Kabupaten Bangka Selatan. 

Letda Samuel, Prajurit Lantamal III Penemu Kokain 1.25 T Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

Sedangkan kapal Yacht yang rusak diperbaiki sampai dapat dioperasikan lagi untuk meneruskan pelayaran kembali ke Jakarta," kata Danlantamal III.

Lebih jauh lagi, Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq menegaskan, operasi penyelamatan yang dilakukan oleh jajaran TNI Angkatan Laut itu merupakan salah satu bukti bahwa prajurit TNI Angkatan Laut selalu siap dalam melaksanakan tugas memberikan pertolongan darurat baik karena cuaca, bencana alam, maupun insiden tak terduga lainnya.

"Semua itu dilaksanakan sesuai arahan  Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono agar TNI AL di wilayahnya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dalam memberikan bantuan kepada pengguna jasa laut yang membutuhkan pertolongan darurat,” kata Danlantamal III Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya