Sukseskan PON XX, KSAL Berangkatkan Puluhan Satgas COVID-19 ke Papua

VIVA Militer: KSAL Berangkatkan Satgas COVID-19 ke Papua
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mewakili Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hari ini melepas keberangkatan puluhan Tim dokter dan Tenaga Kesehatan (Nakes) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Papua ke Bumi Cenderawasih. 

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Satgas COVID-19 itu diberangkatkan dari Appron V4 Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara pagi tadi.

Satgas COVID-19 itu beranggotakan 81 personil yang terdiri dari 50 personil Tenaga Kesehatan (Nakes) TNI Angkatan Laut, 20 orang Nakes dari IPDN, serta para sukarelawan lainnya.

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan, 81 personil Satgas COVID-19 yang hari ini berangkat melalui jalur udara ditugaskan secara khusus untuk menambah kekuatan tenaga kesehatan yang berasal dari TNI, Polri, IPDN, serta Dinas Kesehatan yang berada di wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.

Selain itu, lanjut Kasal, TNI Angkatan Laut juga sudah memberangkatkan kapal pembantu rumah sakit KRI dr. Soeharso untuk membantu penanganan COVID-19 di wilayah Papua yang sebentar lagi akan menjadi Tuan Rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX pada bulan Oktober 2021 mendatang.

Sagil Siswa SD di Jambi yang Miliki Tinggi 2 Meter Bercita-cita Ingin Jadi Anggota TNI

"TNI AL juga memberangkatkan KRI dr. Soeharso yang saat ini masih dalam perjalanan selama kurang lebih dua hari akan tiba di Papua, sehingga nantinya dapat digunakan sebagai tempat evakuasi medis apabila terjadi sesuatu sekaligus juga menjadi tempat vaksinasi," kata Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, Rabu, 8 September 2021.

VIVA Militer: KSAL Berangkatkan Satgas COVID-19 ke Papua

Photo :
  • Dispenal

Laksamana TNI Yudo juga menambahkan, pengiriman Tim dokter dan tenaga kesehatan ke Papua itu sebagai bentuk dukungan TNI terhadap komitmen pemerintah dalam rangka mempersiapkan masyarakat Papua untuk menggelar PON XX Papua 2021 dengan tagline atau tema “Torang Bisa”. 

“Saya berharap agar kegiatan ini dapat memberikan dampak nyata yang bernilai sebagai bentuk pengabdian TNI yang dapat menyentuh hati masyarakat Papua sebagai satu bangsa yang utuh dalam kerangka NKRI, kita semua harus dan pasti bisa mengatasi segala tantangan dan persoalan yang dihadapi saat ini secara bersama,” ujarnya.

Kasal menegaskan, salah satu misi besar para tim dokter dan tenaga kesehatan yang diberangkatkan ke Papua adalah melakukan percepatan vaksinasi di Bumi Cenderawasih. Karena dengan pemerataan dan percepatan vaksinasi maka Herd Immunity atau kekebalan tubuh masyarakat Papua terhadap virus COVID-19 akan terbentuk.

“Hal ini telah menjadi atensi sekaligus arahan Bapak Presiden RI yang menghendaki bahwa 70 persen masyarakat di Provinsi Papua sudah divaksin pada bulan September 2021. Sementara sampai saat ini yang sudah tervaksin baru 15 persen,” kata Kasal.

Dengan demikian, Laksamana TNI Yudo Margono berharap percepatan vaksinasi di Papua jelang pelaksanaan PON XX Tahun 2021 itu dapat efektif dalam memutus penyebaran COVID-19 serta dapat menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi terhadap masyarakat Papua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya