Tegang, Kapal Perang TNI Sergap Kargo Penyelundup Sabu

VIVA Militer: Prajurit TNI Angkatan Laut tangkap penyelundup sabu-sabu
Sumber :
  • koarmada2.tnial.mil.id

VIVA – Sejumlah prajurit TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Tim Visit Boarding Search And Seizure (VBSS) kapal perang KRI I Gusti Ngurah Rai (332), berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu di perairan Laut Bali, Rabu 3 November 2021.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Dikutip VIVA Militer dari situs resmi Komando Armada II (Koarmada II) TNI Angkatan Laut, Tim VBSS KRI I Gusti Ngurah Rai beraksi tak sendiri. Personel Angkatan Laut Australia (Royal  Australian Navy) yang tergabung dalam Tim VBSS kapal perang HMAS F-150 Anzac, juga ikut serta dalam operasi tersebut.

Berawal dari laporan yang diterima Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Laut (P) Sumarji, bahwa ada kapal kargo asing yang bakal menyelundupkan sabu-sabu melintas di perairan Laut Bali. 

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Dengan sigap, Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai langsug memberi perintah Tim VBSS TNI dan Angkatan Laut Australia untuk mendekati sasaran. Dengan menggunakan Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB), bergerak cepat menuju sasaran.

Setibanya di kapal kargo asing itu, personel Tim VBSS KRI I Gusti Ngurah Rai langsung melakukan pemeriksaan. Saat dilakukan pemeriksaan barang-barang, ditemukan narkotika jenis sabu-sabu seberat 200 gram. 

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

VIVA Militer: Prajurit TNI Angkatan Laut kejar kapal penyelundup narkotika

Photo :
  • koarmada2.tnial.mil.id

Sejumlah Anak Buah Kapal (ABK) kapal kargo asing berikut barang bukti sabu-sabu seberat 200 gram langsung diamankan personel TNI dan Angkatan Laut Australia.

Aksi para prajurit TNI Angkatan Laut dan Royal Australian Navy itu merupakan bagian dari serial Latihan Bersama (Latma) New Horizon 2021. Khusus dalam serial latihan ini, Tim VBSS kedua negara ditempa untuk meningkatkan ketangkasan profesional dalam mengatasi tindak pidana di laut.

"VBSS adalah latihan yang bertujuan melatih prajurit yang bertugas di kapal perang, agar tangkas serta tanggap dalam menghadapi dan mengatasi apabila suatu saat terjadi tindak pidana di laut. Latihan berjalan lancar dan aman karena kerjasama yang baik antar unsur dari TNI AL maupun RAN (Royal Australian Navy)," ujar Kolonel Laut (P) Sumarji, yang juga bertindak sebagai Dansatgas Latma New Horizon 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya