Wasit Cepak di Laga Tragis Persib Ternyata Prajurit Kostrad TNI

VIVA Militer: Sertu Rully.
Sumber :
  • Repro Indosiar

VIVA – Prajurit militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) tak cuma jago perang saja. Terbukti banyak yang memiliki prestasi keren di luar kedinasan.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Salah satunya ialah Rully Ruslin Tambuntina. Beliau merupakan prajurit TNI dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Saat ini Sersan Satu Rully berdinas di Detasemen Peralatan Divisi Infanteri 2 Kostrad. Jabatannya sebagai Bintara Pembekalan Munisi (Babek Mu).

Nah, di luar kedinasan, Sertu Rully sangat dikenal di dunia olahraga paling digemari di republik ini, yaitu sepakbola. Sertu Rully terjun ke dunia sepakbola sebagai wasit.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Dan tak tanggung-tanggung, dia bukan wasit kaleng-kaleng. Sejak 2009, dia telah mengantongi lisensi wasit C1 alias wasit tingkat nasional. Saat ini saja sudah dipercaya untuk memimpin jalannya pertandingan ke Liga 1.

VIVA Militer: Sertu Rully.

Photo :
  • Repro Indosiar
Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir Sertu Rully sudah memimpin laga-laga besar yang melibatkan klub sepakbola tersohor di Liga I.

Berdasarkan catatan VIVA Militer, Selasa 9 November 2021, salah satu klub raksasa nasional yang pernah merasakan kepemimpinan Sertu Rully di lapangan hijau adalah Persib Bandung.

Sudah lima kali dia jadi wasit laga Persib Bandung, yang terbaru saat Persib melakoni Big Match yang berakhir seri 1:1 melawan PSM Makassar di lanjutan Liga 1 pekan 6 di Wibawa Mukti Stadium pada 2 Oktober 2021.

Bahkan, dia juga pernah menjadi wasit di dua laga tragis Persib Liga 1 2019. Yakni kala Persib dipermalukan Bhayangkara FC di Stadion Si Jalak Harupat pada 30 Juni 2019. Kala itu Persib kalah dengan skor tipis 1:2.

VIVA Militer: Sertu Rully.

Photo :
  • Repro Indosiar

Laga itu benar-benar tragis, sebab gol kemenangan Bhayangkara tercipta di menit akhir babak kedua, setelah pada menit 89 tandukan Herman Dzumafo merobek gawang Maung Bandung. Ketika bahkan Sertu Rully mendapat protes keras di akhir pertandingan karena tidak memberikan penalti kepada Persib saat bola menyentuh tangan pemain Bhayangkara.

Beberapa sebelumnya tepatnya pada 18 November 2018, Sertu Rully juga menjadi saksi kekalahan memalukan Persib Bandung di Stadion Moch. Soebroto, dari tangan PSIS Semarang di pekan 31 Liga 1 2018. Dalam laga yang dipimpin pria berambut cepak itu, Persib Bandung dibantai habis dengan skor 3:0.

Baca: Yaman Berdarah, Militer Arab Saudi Ngamuk Serang Kota Kuno Sanaa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya