Ini Sosok Fenomenal Pangdam Jaya Baru, Mayjen TNI Untung Budiharto

VIVA Militer: Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto
Sumber :

VIVA – Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa diam-diam melakukan perombakan jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kali ini pejabat utama TNI yang dimutasi dan rotasi adalah Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mulyo Aji. 

TMMD 120 Dibuka, Kesatria Tanah Wali Kerahkan Pasukan Maung Siliwangi TNI Beraksi di Gurudug

Dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/5/1/2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang diterbitkan pada tanggal 4 Januari 2022 lalu, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji dimutasi untuk menempati jabatan barunya sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Sementara posisi Pangdam Jaya saat ini ditempati oleh Mayjen TNI Untung Budiharto yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Khusus Panglima TNI.

Kolonel Bayu Telah Resmi Lantik Raja Aibon Jadi Kesatria Tanah Wali, Dandim Purwakarta

Pergantian posisi atau jabatan Pangdam Jaya itu dibenarkan oleh Kapendam Jaya Letkol CPM Dwi Indra Wirawan. Menurut Kapendam Jaya, proses Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangdam Jaya akan dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Mabesad dalam waktu dekat ini.

"Dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan acara serah terima jabatan Pangdam Jaya dari Mayjen TNI Mulyo Mulyo Aji kepada Mayjen TNI Untung Budiharto," kata Kapendam Jaya Letkol CPM Dwi Indra Wirawan kepada VIVA Militer, Kamis, 6 Januari 2022.

Jenderal TNI Maruli: Kalau Mau Dihormati Prajurit, Komandan Satuan Jangan Cuma Foto Doang

Lalu, siapa Mayjen TNI Untung Budiharto yang ditunjuk Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa jadi Pangdam Jaya itu?

Mayjen TNI Untung Budiharto adalah seorang Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang dibesarkan oleh satuan Korps Baret Merah Kopassus. Dia merupakan alumni Akademi Militer (Akmil) tahun 1988.

Mayjen TNI Untung tercatat memiliki sederet karier yang cukup cemerlang. Dia pernah menjabat sejumlah posisi strategis baik di dunia militer maupun di luar militer.

Pada tahun 2004, dia pernah menjabat Danyonif 733/Masariku. Kemudian di tahun 2005-2006, dia dipromosikan untuk menduduki jabatan Komandan Kodim 1504/Ambon. Dan di tahun 2007, pria kelahiran Tegal, Jawa Tengah itu diangkat sebagai Kasrem 151/Banaiya.

Tidak selesai sampai di situ, pada tahun 2009, Untung kemudian kembali ke satuan Korps Baret Merah. Dia dipercaya menduduki jabatan Asisten Perencanaan Kopassus sampai tahun 2010.

Kemudian, dia juga sempat menjadi Dosen Madya Seskoad pada tahun 2010-2012. Setelah itu, dia kembali lagi ke satuan Korps Baret Merah dan menjadi Pamen Ahli Kopassus Golongan IV Bidang Taktik Parako.

Di tahun 2012-2013, karier militernya kembali melesat. Dia dipercaya menjabat posisi Komandan Resimen Induk Kodam (Danrindam) IV/Diponegoro. Sekitar satu tahun menjabat Danrindam IV/Diponegoro, dia kembali mendapatkan promosi dan menempati posisi baru sebagai Komandan Korem 045/Garuda Jaya hingga tahun 2014.

Bahkan, pada tahun 2016-2017, dia juga sempat ditugaskan ke Papua menjabat Irdam XVII/Kasuari. 

Di tahun 2017, Untung kembali ditarik ke Jakarta untuk menempati posisi Wakil Asisten Operasi Kasad. Dua tahun menjabat Waasops Kasad, dia kembali mendapatkan kepercayaan untuk menempati posisi Kasdam I/Bukit Barisan hingga tahun 2020. Terakhir, dia menjabat Staf Khusus Panglima TNI di tahun 2021-2022.

Di luar militer, Untung Budiharto pernah ditugaskan untuk menempati sejumlah jabatan strategis. Diantaranya, sebagai Direktur Operasi dan Latihan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) pada tahun 2020, dan Sekretaris Utama BNPT di tahun 2020-2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya