Karier Anak Jenderal Senior TNI Ini Melesat Jadi Pangdam Siliwangi

VIVA Militer: Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Putra bungsu Wakil Presiden RI ke-6 Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo telah dimutasi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dari jabatan yang sebelumnya yaitu Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 Kostrad menjadi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Iya, tugas baru yang diberikan oleh Jenderal Andika Perkasa kepada anak mantan Panglima ABRI ke-9 itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditandatangani oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Jum'at malam, 21 Januari 2022 lalu.

Dilansir VIVA Militer dari Surat Keputusan Panglima TNI, Senin, 24 Januari 2022, terdapat 328 Perwira Tinggi (Pati) TNI dari tiga matra yang mendapatkan promosi jabatan. Salah satu dari 328 Pati TNI itu ada nama Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Merinding, Isi Pesan Terakhir Raja Aibon ke Pasukan Tengkorak Sebelum Tinggalkan Kostrad TNI

Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dipercaya untuk menjabat Pangdam III/Siliwangi menggantikan Letjen TNI Agus Subiyanto yang saat ini menempati jabatan barunya sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) menggantikan Letjen TNI Bhakti Agus Fadjari.

Untuk diketahui, Mayjen TNI Kunto Arief merupakan Pati TNI Angkatan Darat lulusan Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1992. Mengikuti jejak Sang Ayah tercinta, Kunto adalah salah satu prajurit TNI Angkatan Darat yang dibesarkan oleh Kecabangan Infanteri.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Mayjen TNI Kunto tercatat pernah memimpin sederet batalyon pasukan berpengaruh di Kostrad TNI Angkatan Darat.

VIVA Militer: Mayjen TNI Kunto Arief lepas Satgas Pamtas Mobile RI-PNG

Photo :
  • Penkostrad

Pada tahun 1992, Ketika masih berpangkat Letnan Dua (Letda) dia mengawali karier militernya dengan menjabat Danton Yonif Lintas Udara (Linud) 502/Ujwala Yudha. Setelah itu, dia kembali dipercaya untuk memimpin pasukan sebagai Danton Yonif 412/Bharata Eka Sakti.

Tidak hanya itu, saudara ipar dari Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) era Presiden RI Megawati Soekarnoputri, Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu itu tercatat juga pernah menjadi Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 500/Sikatan dan Komandan Brigade Infanteri (Brigif) 6/Trisakti Baladaya.

Karier militer Kunto semakin melesat ketika dia berpangkat Kolonel. Pada tahun 2016-2018, dia pernah menjabat Komandan Komando Resor Militer (Korem) yaitu Korem 044/Garuda Dempo. Setelah itu pada tahun 2018-2019, dia dipercaya menduduki jabatan Komandan Pusat Latihan Tempur (Danpuslatpur) Kodiklatad.

Setelah itu, pecah bintang pun terjadi. Pada tahun 2019 Kunto Arief secara resmi menyandang pangkat Bintang Satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Angkatan Darat. Dengan kenaikan pangkat itu, Kunto kembali dipercaya untuk menjabat Komandan Korem 032/Wirabraja.

Hampir satu tahun menjabat Danrem 032/Wirabraja, Kunto kembali mendapatkan promosi untuk menempati posisi barunya sebagai Kasdam III/Siliwangi.

Kemudian, pada pertengahan Juli 2021 Kunto pun kembali mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Bintang Dua atau Mayor Jenderal (Mayjen) pun disandangnya. Kenaikan Pangkat tersebut diikuti pula dengan promosi jabatan untuk Kunto, pada tanggal 16 Juli 2021 dia secara resmi menjabat Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 Kostrad. Dan kini, dia kembali mendapatkan kepercayaan untuk memimpin Kodam III/Siliwangi menggantikan Mayjen TNI Agus Subiyanto yang saat ini mendampingi KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Mabesad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya