KSAL Sebut Kapal Selam Scorpene Buatan Prancis Cocok di Indonesia

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Yudo Margono
Sumber :
  • TNI Angkatan Laut

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan dirinya sangat mendukung dan setuju atas rencana pembelian dua kapal selam Scorpene oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dari Prancis.

Laksamana Yudo menjelaskan, kapal selam Scorpene termasuk kapal selam yang memenuhi syarat untuk beroperasi dengan karakteristik perairan Indonesia.

“Kemarin sudah kita cek juga di dalam tentang kapal selam Scorpene memenuhi syarat apabila itu diadakan kita setuju,” kata KSAL Yudo Margono usai membuka Rapim TNI AL Tahun 2022 di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 2 Maret 2022.

Lebih jauh Kasal menjelaskan, sejak awal TNI Angkatan Laut mengajukan agar pengadaan kapal selam menyasar pada unit yang di atas 1.300 gross tonnage (GT). Sementera, dari hasil pengecekan oleh tim TNI AL dan Kemenhan ternyata kapal selam Scorpene memiliki spesifikasi sesuai yang dibutuhkan.

Bikin TNI Ditakuti Tentara Luar, Ini 5 Alutsista Canggih yang Dibeli Menhan Prabowo

"Jadi yang Scorpene saya kemarin mintanya kalau bisa di atas 1300 GT, Scorpene ini lebih dari 1300 tentunya memenuhi syarat untuk di perairan kita seperti yang sekarang kita punya ini kan besarnya 1400 GT," ujarnya.

Yudo juga memaparkan, rencana pembelian kapal selam Scorpene telah melalui diskusi panjang dalam rangka memodernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI Angkatan Laut.

“Sudah melalui diskusi yang panjang untuk kapal selam yang besar itu,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto berencana membeli dua kapal selam Scorpene asal Perancis. Rencana pembelian ini masuk dalam kerja sama di bidang research and development tentang kapal selam yang telah ditandatangani antara pihak PT PAL Indonesia dan NAVAL Grup dari Perancis di Jakarta pada hari Kamis, 10 Februari 2022 lalu.

"Hari ini kita telah tandatangani MoU kerja sama di bidang research and development tentang kapal selam antara PT PAL dengan NAVAL grup dari Perancis yang tentunya akan mengarah pada pembelian dua kapal selam Scorpene," kata Menhan Prabowo ketika itu.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia
Ilustrasi TNI

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Roadmap repatriasi hak militer Sumber daya pertahanan negara.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024