Pangkoopsudnas TNI AU Lantik Panglima Operasi Udara Indonesia Timur

VIVA Militer:Pangkoopsudnas Lantik Marsda TNI Age Wiraksono jadi Pangkoopsud III
Sumber :
  • Dispen Pangkoopsudnas

VIVA – Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya TNI Andyawan Martono hari ini melantik Marsekal Muda (Marsda) TNI T.B.H. Age Wiraksono menjadi Panglima Koopsud III di Markas Komando Koopsud III, Samofa, Biak.

AKBP Syukur: Situasi Paniai Kondusif Usai Ada Serangan dari OPM

Marsda TNI Age Wiraksono ditunjuk menjadi pemegang tongkat komando operasi udara di wilayah Indonesia Timur menggantikan Marsda TNI Samsul Rizal.

Untuk diketahui, Marsekal Muda TNI T.B.H. Age Wiraksono adalah salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Udara lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1990. 

Rotasi Besar Terjadi, Seorang Jenderal dan 6 Kolonel Pejabat Utama Kodam Diponegoro TNI Diganti

Sebelum dipercaya menjabat Panglima Koopsud III, Marsda TNI Age Wiraksono menjabat Kepala Pusat Kelaikan Keselamatan Terbang dan Kerja TNI Angkatan Udara (Kapuslaiklambangjaau).

Sementara itu, Marsda TNI Samsul Rizal yang merupakan lulusan terbaik peraih Adhi Makayasa AAU tahun 1990 dan penerbang pesawat tempur F-5 Tiger dengan call sign “Hyrax” akan menempati posisi yang sebelumnya diduduki Marsda TNI T.B.H. Age Wiraksono sebagai Kapuslaiklambangjaau.

12 Hari Usai Lepas Jabatan Komandan Gagak Hitam TNI, Letkol Joko Naik Jadi Dandim Bumi Blambangan

Dalam sambutannya Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono menyampaikan, seluruh prajurit Koopsudnas harus selalu mencermati perkembangan lingkungan strategis. Menurutnya, tantangan yang akan akan dihadapi oleh prajurit Matra Angkatan Udara akan semakin kompleks di masa mendatang.

Dengan demikian, Marsekal bintang tiga TNI Angkatan Udara itu menekankan pentingnya membangun SDM yang unggul di lingkungan TNI Angkatan Udara.

"Mencermati dinamika perkembangan lingkungan strategis, serta melihat tantangan tugas yang semakin kompleks, sehingga pengembangan kekuatan kemampuan TNI Angkatan Udara harus direncanakan secara seksama, tepat, dan terukur, serta dilaksanakan secara berkesinambungan," kata Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono dalam keterangan resminya, Jum'at, 15 Juli 2022.

Lebih jauh lagi Pangkoopsudnas menegaskan, secanggih apapun alutsista yang dimiliki harus diikuti dengan kemampuan SDM yang mampu mengawakinya.

"Keberhasilan dalam pencapaian tugas Koopsud III, sangat tergantung kepada kemampuan, kekuatan dan pola gelar yang dilaksanakan. Dengan alutsista yang dimiliki saat ini diharapkan semakin memiliki kemampuan operasi, menjaga dan mengawasi seluruh wilayah NKRI, terutama wilayah udara bagian timur," ujarnya.

"Kepada seluruh jajaran Koopsud III, saya harapkan dapat lebih meningkatkan kesiapan operasional dan profesionalisme. Sehingga Koopsud III dapat menjadi kekuatan udara yang tangguh dan handal dalam mengawal wilayah udara nasional dalam rangka mewujudkan TNI Angkatan Udara yang disegani di Kawasan”, tambahnya.

Sejumlah Pejabat Utama TNI turut hadir dalam upacara Sertijab tersebut, diantaranya, Dankopasgat Marsda TNI Taspin Hasan, Kas Koopsud III Marsma TNI Donald Kasenda, Komandan Lanud Manuhua Marsma TNI Ronald L. Siregar, Dankosek III Marsma TNI Wastum, Danrem 173/PVB Biak, Brigjen TNI Taufan Gestoro, dan Ir Koopsud III Marsma TNI Erwan Andrian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya