Jet Tempur F-16 TNI AU Hadang Pesawat Amerika di Langit Australia

VIVA Militer: Jet tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU manuver di depan pesawat AS
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI Angkatan Udara berhasil menghadang jet tempur F-15C milik Amerika Serikat atau United States Pacific Air Force (US PACAF) di langit Australia.

TNI Berduka... Di Hadapan Kolonel Bayu, Nyonya Indri Sujud Menangis Peluk Makam Letnan Imam

Manuver jet tempur andalan TNI Angkatan Udara itu dilakukan dalam rangka Latihan Bersama (Latma) Pitch Black 2022 yang digelar di wilayah udara Tindal AFB Darwin, Australia.

Aksi penerbang TNI Angkatan Udara itu merupakan bagian dari sesi latihan Air Combat Maneuver (ACM) di hari kedua Pitch Black 2022 yang diikuti oleh sejumlah negara-negara sahabat.

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

"ACM merupakan latihan fase Force Integration Training (FIT) berupa latihan taktik pertempuran udara jarak dekat dua lawan satu. Pada sesi latihan ini, para Penerbang F-16 TNI AU dituntut mengedepankan teknik mutual support sebagai Engage Fighter dan Supporting Fighter," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan resminya, Rabu, 24 Agustus 2022.

Lebih jauh lagi Kadispenau Marsma TNI Indan mengatakan, latihan ini memberikan kesempatan bagi para penerbang F-16 TNI AU dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam menghadapi pesawat tempur beda karakteristik dan performa yang dapat digunakan dalam pengembangan taktik dan strategi pertempuran udara di satuan operasional.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Untuk diketahui, latihan "Pitch Black 22" merupakan latihan perang udara dua tahunan yang diselenggarakan oleh Angkatan Udara Australia (RAAF), di RAAF Base Darwin, Tindal, NT, Australia.

TNI Angkatan Udara telah mengirim 6 pesawat tempur F-16 untuk ikut serta dalam latihan perang udara tersebut.

Latihan diikuti oleh Angkatan Udara 13 negara sahabat, yaitu Australia, Amerika Serikat, Indonesia, Jepang, Singapura, India, Korea Selatan, Prancis, New Celedonia, Inggris, Jerman, New Zealand dan Kanada. Rencananya latihan perang udara itu digelar dari tanggal 20 Agustus hingga 8 September 2022 mendatang.

Baca juga: 6 Jet Tempur F-16 TNI AU Latihan Perang Udara di Langit Australia

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya