TNI AU Akan Dirikan Sekolah Pendidikan Pesawat Tanpa Awak

VIVA Militer: Pesawat Tanpa Awak PT.Dirgantara Indonesia
Sumber :
  • PTDI

VIVA – Para pecinta pertahanan militer mendapatkan kabar bahagia. Kali ini kabar bahagia itu datang dari TNI Angkatan Udara.

TNI Berduka... Di Hadapan Kolonel Bayu, Nyonya Indri Sujud Menangis Peluk Makam Letnan Imam

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adi Sutjipto Marsekal Pertama (Marsma) TNI Azhar Aditama mengatakan, dalam waktu dekat ini TNI Angkatan Udara akan memiliki Sekolah Pendidikan Penerbang Pesawat Tanpa Awak (Nirawak) atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang dinamai Skadron Pendidikan (Skadik) 103.

Danlanud Marsma TNI Azhar menambahkan, Skadik 103 nantinya akan berada dibawah komando Wing Pendidikan 100/Terbang yang berada dibawah komando Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

"Nantinya dalam Skadik 103 itu akan menyiapkan latih dasarnya, jadi latih dasar mereka, untuk pendidikan lanjut di Skadron 51 pontianak. Nah awalnya sudah siap, sudah tinggal di resmikan saja," kata Danlanud Adi Sutjipto Marsma TNI Azhar Aditama saat ditemui di Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Jum'at, 26 Agustus 2022.

VIVA Militer: Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Azhar Aditama bersama Kadispenau

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer
KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Lebih jauh Danlanud menambahkan, Skadron Pendidikan 103 nantinya akan melatih secara khusus prajurit TNI Angkatan Udara yang akan mengawaki pesawat tanpa awak untuk memperkuat satuan Skadron Udara 51 yang saat ini berada dibawah kendali Wing Udara 7 di Lanud Supadio Pontianak yang bertugas memperkuat wilayah pertahanan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya di wilayah perbatasan.

"Setelah itu, insya Allah tinggal dikoordinir lagi, bahwa kita menyiapkan penerbang tanpa awak, mulai dari ilmunya, ground schoolnya, latih dasarnya, untuk bisa terjun ke latih lanjut," ujarnya.

Selain akan mendirikan Skadik 103, Danlanud Marsma TNI Azhar menambahkan, TNI Angkatan Udara dalam waktu dekat ini juga akan membentuk Skadron Pendidikan (Skadik) 105 yang bertugas untuk melaksanakan pendidikan sekolah penerbang tingkat lanjut helikopter dan sekolah instruktur penerbang helikopter dibawah kendali Wing Pendidikan 100/Terbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya