Peristiwa Dramatis TNI 1 Jam Setelah Hutagalung Tenggelam Tak Bergerak

VIVA Militer: Penyelamatan nyawa Rasmarangin
Sumber :
  • Lanal Sibolga

VIVA – Ada sebuah peristiwa penyelamatan nyawa dramatis oleh prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang nyaris luput dari publikasi media.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Jadi tiga hari lalu, 13 September 2022, prajurit TNI Angkatan Laut berhasil menyelamatkan nyawa seorang kakek yang sudah dalam kondisi sekarat, akibat tenggelam di perairan Teluk Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah  Sumatera Utara.

Jadi kisahnya begini, ketika itu kakek bernama Rasmaringan Hutagalung (64 tahun) dan kakaknya, Marojahan Hutagalung, memancing ikan menggunakan perahu.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Nah di tengah perjalanan menuju spot mancing, mereka mampir dulu ke bagan di tengah laut untuk mencari umpan.

Namun, saat mereka naik ke bagan, enggak tahunya perahu mereka hanyut. Melihat hal itu, Rasmaringan langsung nyebur dan berenang mengejar itu perahu yang hanyut mengarah ke teluk.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

VIVA Militer: Penyelamatan nyawa Rasmarangin

Photo :
  • Lanal Sibolga

Nahas baginya, Rasmaringan kelelahan dan tenggelam. Melihat adiknya tenggelam, Marojahan langsung berusaha mengejar untuk menolong.

"Kakak korban berusaha berenang untuk menolong korban dan merasa tidak mampu mencapai korban, kakak korban kembali ke Bagan Tancap dan berteriak minta tolong kepada nelayan/masyarakat yang berada di sekitar lokasi," tulis Penerangan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sibolga dilansir VIVA Militer, Jumat 16 September 2022.

Informasi peristiwa itu langsung tersiar dan sampai Lanal Sibolga. Komandan Lanal Sibolga, Letnan Kolonel Laut (P) Cahyo Pamungkas tak tinggal diam, pasukan penyelamat pun dikerahkan untuk melakukan pencarian dan penyelamatan korban.

Beruntungnya, dalam waktu sekitar 20 menit dari kejadian, korban berhasil ditemukan dan dievakuasi ke daratan. Saat itu kondisi korban sudah terkulai tal berdaya, Rasmarangin sekarat dan nyawanya terancam.

VIVA Militer: Penyelamatan nyawa Rasmarangin

Photo :
  • Lanal Sibolga

Setiba di darat, korban dengan sigap dievakuasi prajurit TNI ke Balai Pengobatan Lanal Sibolga. Tim medis TNI dipimpin Letnan Dua (K) dr Wardi Simatupang langsung menyiapkan penyelamatan darurat.

Suasana amat menegangkan, setelah satu jam mendapatkan penanganan medis, Rasmaringan Hutagalung kembali membukakan matanya dan perlahan bisa berkomunikasi. Nyawa Rasmaringan tertolong.

Marojahan tak kuasa membendung kebahagiaannya saat melihat adiknya kembali membuka mata. Dan tak henti-henti mengucapkan terima kasih pada tim medis TNI yang telah menyelamatkan nyawa adiknya.

"Setelah dilaksanakan tindakan medis sekitar satu jam kondisi korban pulih kembali dan korban diijinkan pulang setelah dijemput oleh pihak keluarga," tulis Penerangan Lanal Sibolga.

Baca: Tuntutan Keras Arus Bawah TNI, Hidup Effendi Simbolon Bisa Memburuk

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya