Panglima TNI Takjub Taruna AAL Berlayar 3 Bulan dengan KRI Bima Suci

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bertemu Taruna AAL
Sumber :
  • YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa

VIVA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan istri tercinta yang merupakan Ketua Umum Dharma Pertiwi, Hetty Andika Perkasa sangat takjub ketika melihat 102 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang menjalankan misi diplomatik ke sejumlah negara-negara sahabat.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Hal itu diungkapkan Panglima TNI Jenderal Andika ketika meninjau kesiapan para Taruna-Taruni yang akan berlayar selama 91 hari menggunakan KRI Bima Suci-945 di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

Dilansir VIVA Militer dari akun YouTube resmi Panglima TNI, Senin, 26 September 2022, Panglima TNI Jenderal Andika berkesempatan datang langsung dan bertemu dengan 102 Taruna-Taruni AAL yang akan menjalankan latihan Praktek Kartika Jala Krida di KRI Bima Suci-945.

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

Dalam latihan Kartika Jala Krida, 102 Taruna-Taruni AAL akan menjalankan misi latihan yang akan diaplikasikan berfokus pada materi astronomi dan diplomasi. 

Untuk mempererat misi diplomatiknya, para taruna AAL itu juga mempersiapkan berbagai penampilan budaya Indonesia yang akan disuguhkan di setiap pelabuhan negara-negara sahabat yang akan menjadi persinggahan KRI Bima Suci selama berlayar mengarungi samudera.

Sagil Siswa SD di Jambi yang Miliki Tinggi 2 Meter Bercita-cita Ingin Jadi Anggota TNI

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berpesan kepada seluruh Taruna yang berlayar menggunakan KRI Bima Suci agar menjadikan latihan ini sebagai pengalaman berharga bagi perjalanan karier militer masing-masing taruna.

Menurut Jenderal Andika, latihan Kartika Jala Krida adalah pengalaman yang sangat berharga bagi para taruna AAL yang belum tentu dapat dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI.

"Ini kultur yang sangat bagus. Karena sejak adik-adik masih jadi Taruna sudah diekspose pengalaman. Dan ternyata nanti ketika adik-adik lulus dari Taruna pun, ternyata pergaulan kita dengan dunia internasional itu tidak akan pernah berhenti, tidak akan pernah. Saya titip pesan, jaga diri. Dan manfaatkan latihan ini, karena ini hanya sekali saja seumur hidup kalian," kata  Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Dalam kesempatan itu, Hetty Andika Perkasa pun berpesan kepada seluruh Taruna agar pengalaman dalam latihan yang dilakukan oleh para Taruna AAL dapat disampaikan kepada para Taruna di Akmil dan AAU.

"Selain itu saya cuma titip tolong dijaga yang perempuannya (para Taruni)," ujar Hetty.

Rencananya, KRI Bima Suci yang dipimpin oleh Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) M. Sati Lubis akan berlayar selama 91 hari, mengarungi laut dua benua dan singgah di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia hingga Australia.

Dalam kesempatan itu, sejumlah Pejabat Utama TNI Angkatan Laut turut mendampingi Panglima TNI mengecek kesiapan KRI Bima Suci, diantaranya adalah Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Panglima Koarmada RI Laksdya TNI Abdul Rasyid K., Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agus Hariyadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya