6 Pesawat Jupiter TNI AU Tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Ada Apa?

VIVA Militer: Pesawat Jupiter TNI AU bertolak ikut Singapura Air Show 2022
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Sejumlah pesawat udara jenis KT 1 B Woong Bee atau yang biasa dikenal dengan Jupiter Aerobatic Team (JAT) dikabarkan telah tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Nekat Terobos Masuk Kompleks Militer Halim, Geng Motor Bersajam Ditangkap Prajurit TNI

"Jupiter Aerobatic Team (JAT) sudah di Lanud Halim," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah saat dikonfirmasi VIVA Militer, Kamis, 29 September 2022.

Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, enam unit pesawat JAT didatangkan secara khusus dari Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta ke Lanud Halim Perdanakusuma dalam rangka persiapan demo udara HUT TNI ke-77 yang akan diperingati pada tanggal 5 Oktober 2022 mendatang.

Malam Menegangkan di Laut Perbatasan Malaysia, Kopaska TNI Temukan Kristal Seharga 1,5 Miliar

Selain 6 pesawat Jupiter, lanjut Indan, TNI Angkatan Udara juga akan mengerahkan delapan unit pesawat tempur F-16 dan sejumlah Helikopter untuk menggelar parade atau atraksi udara di langit Ibu Kota Jakarta.

"Demo udara HUT TNI ke-77 nanti melibatkan 8 F-16, 6 KT 1 B Woong Bee  (JAT), dan 8 Heli gabungan TNI," ujarnya.

Kelelahan, 30 Tentara Israel Ogah Serang Wilayah Rafah

Lebih jauh lagi dia menjelaskan, demo udara yang dipersiapkan nantinya akan melintasi Istana Negara Republik Indonesia sebagai pusat pelaksanaan upacara HUT TNI ke-77 tahun.

Tidak hanya itu, lanjut Indan, para penerbang handal JAT juga telah mempersiapkan kejutan bagi masyarakat Indonesia untuk menampilkan manuver-manuver baru yang belum pernah ditampilkan sebelumnya.

"Rencananya melintas di tempat upacara dan sekitarnya. Dan (sudah) disiapkan manuver baru," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya