Kolonel Marinir Sugianto Dilantik Jadi Wakil Komandan Lantamal I

VIVA Militer: Kolonel Marinir Sugianto dilantik jadi Wadan Lantamal I Belawan
Sumber :
  • Dispen Lantamal I

VIVA – Pergantian jabatan kembali dilakukan di lingkungan TNI. Kali ini, pergantian jabatan itu terjadi di jajaran TNI Angkatan Laut, yaitu Pangkalan Militer Angkatan  Laut (Lantamal) I Belawan.

Kehidupan, Karier dan Karya Profesor Salim Said

Komandan Lantamal I Belawan, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Johanes Djanarko Wibowo hari ini melantik Kolonel Marinir Sugianto sebagai Wakil Komandan Lantamal I Belawan.

Pelantikan itu dilakukan melalui Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang  digelar di Gedung R. Mulyadi Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Senin, 17 Oktober 2022.

NCT Dream dan Kyuhyun Suju Konser di GBK Malam Ini, Lebih dari 800 Aparat Gabungan Siaga

Danlantamal I Laksma TNI Johanes Djanarko Wibowo menyatakan, pergantian jabatan atau serah terima jabatan (Sertijab) di lingkungan TNI adalah hal yang biasa terjadi. Sehingga, lanjut Danlantamal I, pergantian jabatan adalah suatu kehormatan dan merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan oleh setiap prajurit TNI, khususnya TNI Angkatan Laut.

Dalam kesempatan itu, Danlantamal I Laksma TNI Johanes juga mengucapkan selamat datang kepada Kolonel Marinir Sugianto yang kini mendapatkan kepercayaan dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono untuk menempati jabatan sebagai Wakil Komandan Lantamal I Belawan.

Begini Ketatnya Pengamanan World Water Forum di Bali

"Selamat datang di Lantamal I Belawan untuk menjalankan amanah sebagai Wadan Lantamal I," kata Danlantamal I Belawan Laksma TNI Johanes Djanarko Wibowo dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Senin, 17 Oktober 2022.

VIVA Militer: Kolonel Marinir Sugianto (Baret Ungu)

Photo :
  • Dispen Lantamal I Belawan

Siapa Kolonel Marinir Sugianto?

Kolonel Marinir Sugianto adalah seorang Perwira Menengah (Pamen) Marinir lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1993. Sejak lulus dari AAL dia langsung berdinas di Brigif 1 Marinir.

Prajurit Marinir TNI Angkatan Laut kelahiran Sulawesi Selatan itu tercatat pernah ditugaskan dalam sejumlah operasi penting TNI. Diantaranya adalah, Satgas Timika II, Satgas Timor Timur, Satgas Rajawali Aceh, Satgas Pam Wilayah Ambon, dan Satgas Sorong II.

Tidak hanya itu, Kolonel Marinir Sugianto juga pernah mendapatkan sejumlah penghargaan dalam menjalankan tugas di lingkungan militer, diantaranya adalah Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Seroja, Satya Lencana Dharma Nusa, Satya Lencana GOM VII, Satya Lencana Bakti Sosial, dan Satya Lencana GOM XII.

Secara karier militer, Kolonel Marinir Sugianto juga tercatat pernah menduduki jabatan penting di lingkungan TNI. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Yonif 3 Marinir pada tahun 2009-2010, Asops Danpasmar 2 pada tahun 2015, Komandan Brigif 1 Marinir pada tahun 2015-2017, Aspotmar Koarmada III pada tahun 2020, dan Wakil Komandan Pasmar 1 Marinir pada tahun 2020-2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya