Bikin Bangga Jenderal Andika, Ini Sosok Komandan Zipur TNI Penjaga Nyawa Tokoh Dunia di Ring 2 GWK

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal Andika dan Letkol Czi Damai di GWK.
Sumber :
  • Yonzipur 18/Yudha Karya Raksaka

VIVA – Hari H pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 semakin dekat. Pulau Bali yang dijadikan pusat kegiatan para tokoh-tokoh penting dunia mulai dibenahi. Terutama faktor keamanannya.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Hari ini, Jumat 11 November 2022, Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa melakukan pengecekan kesiapan pengamanan G20. Targetnya kali ini adalah pengamanan di area Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di Badung, Bali.

Untuk wilayah kawasan GWK ini, ternyata militer Indonesia mempercayakan tugas pengamanan kepada prajurit-prajurit TNI dari Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 18/Yudha Karya Raksaka.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Yonzipur 18/YKR dilansir VIVA Militer, setiba di GWK, Jenderal TNI Andika Perkasa langsung berkeliling memeriksa situasi dan kondisi di taman budaya itu.

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal Andika dan Letkol Czi Damai di GWK.

Photo :
  • Yonzipur 18/Yudha Karya Raksaka
Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Untuk kawasan ini, keamanan di ring 2 dan ring 3 para tokoh dunia peserta G20 yang akan berkunjung ke sana bakal menjadi tanggungjawab dari Komandan Komplek (Danplek).

Siapa Danpleknya?

Komandan Komplek pengamanan tamu negara ring 2 dan 3 dipegang oleh Letnan Kolonel Czi Damai Adi Setiawan, beliau adalah Komandan Yonzipur 18/YKR.

Kepada Jenderal TNI Andik, Letkol Damai memaparkan kekuatan pasukan yang dikerahkan di GWK. Menurutnya ada ratusan prajurit TNI dengan bersenjata lengkap bersiaga di GWK.

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal Andika dan Letkol Czi Damai di GWK.

Photo :
  • Yonzipur 18/Yudha Karya Raksaka

Dan ia memastikan kepada Jendeal TNI Andika bahwa semua prajurit TNI Yonzipur 18/YKR yang terlibat dalam pengamanan itu adalah mereka yang benar-benar siap dalam segala hal.

"Personel yang dibawa betul-betul siap untuk melaksanakan pengamanan, khususnya semua perlengkapan telah dipersiapkan dengan baik serta tiap-tiap personel mampu mengoprasikan alat yang mereka bawa dan paham tugasnya masing-masing," kata Letkol Czi Damai kepada Panglima TNI.

Letkol Damai juga memaparkan kepada Jenderal TNI Andika soal koordinasi antar satuan tugas, Seperti satgas evakuasi, satgas PAM VVIP dari Paspampres dan juga satgas kepolisian.

"Tugas tanggung jawab yang dibebankan yaitu melaksanakan pengamanan secara tidak langsung terhadap objek VVIP di Ring 2 dan ring 3 dengan pasukan tersebar di setiap titik yang krusial sehingga ancaman kegiatan G20 dipastikan nihil," kata Letkol Czi Damai.

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal Andika dan Letkol Czi Damai di GWK.

Photo :
  • Yonzipur 18/Yudha Karya Raksaka

Setelah mendapat pemaparan yang kompleks dari Letkol Damai, Panglima TNI mengungkapkan perasaan bangga terhadap satuan tugas pengamanan wilayah yang telah menyiapkan semuanya dengan baik sesuai dengan tugas pokok yang akan dilaksanakan.

Untuk diketahui Yonzipur 18/YKR merupakan satuan bantuan tempur yang berada di bawah komando Kodam IX/Udayana. Batalyon ini merupakan pengembangan dari Detasemen Zipur 9/YKR.

Letkol Inf Damai Adi Setiawan merupakan komandan kelima setelah satuan ini resmi jadi Yonzipur 18/YKR. Dia baru 2022 dipercaya jadi Danyonyipur 18 menggantikan Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak.

Sebelumnya, saat masih berpangkat Mayor, Letkol Damai menjabat sebagai Komandan Satuan Pendidikan Perwira Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) Komando Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (Kodiklatad). Lalu sebelumnya, ia menjabat Detasemen Zeni Tempur 2/Prasada Sakti, Kodam I Bukitbarisan.

Baca: Pasukan Anjing Iblis Amerika dari Pasifik Datangi Markas Harimau Marinir TNI, Ada Apa...

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya