Serahkan Jabatan Panglima TNI ke Laksamana Yudo, Jenderal Andika: Saya Merasa Lega

VIVA Militer: Upacara Serah Terima Jabatan Panglima TNI
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Jenderal TNI Andika Perkasa hari ini secara resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Laksamana TNI Yudo Margono di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Penyerahan jabatan Panglima TNI tersebut mengukuhkan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai pemegang tongkat komando tertinggi di tubuh TNI atau sebagai Panglima TNI ke-22.

Usai Serah Terima Jabatan (Sertijab), Jenderal Andika Perkasa mengaku sangat lega karena telah berusaha bekerja keras membesarkan institusi TNI selama berdinas aktif sebagai TNI, khususnya sebagai Panglima TNI ke-21 lalu.

TNI Berduka... Di Hadapan Kolonel Bayu, Nyonya Indri Sujud Menangis Peluk Makam Letnan Imam

"Perasaan saya, saya merasa lega. Saya menyudahi dinas aktif saya di TNI sejauh saya berusaha," kata Jenderal TNI Andika Perkasa usai upacara Sertijab di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Selasa, 20 Desember 2022.

Lebih jauh lagi, Jenderal Andika mengaku sudah memberikan Buku Memorandum Panglima TNI kepada Panglima TNI yang baru, Laksamana TNI Yudo Margono.

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

Jenderal Andika juga mempersilahkan kepada masyarakat untuk menilai kepemimpinan dirinya ketika menjabat sebagai Panglima TNI ke-21 lalu.

"Penilaian itu bukan punya saya, itu punya setiap orang yang menilai. Yang penting saya bersama istri dan keluarga saya sudah menyelesaikan tugas saya sampai dengan akhir. Itu saja," ujarnya.

VIVA Militer: Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Jenderal Andika Perkasa

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Sementara itu, Laksamana TNI Yudo Margono mengucapkan terima kasih kepada Jenderal TNI Andika Perkasa yang telah menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada dirinya.

Ketika ditanya perasaannya setelah Sertijab Panglima TNI, Laksamana Yudo mengaku sangat bangga karena telah dipercaya memegang tongkat komando tertinggi di tubuh TNI.

"Pertama, ya pasti bangga lah. Karena jabatan tertinggi di TNI. Namun di samping itu kita juga memiliki beban tanggung jawab yang besar yang tadinya saya hanya tanggung jawab pada Angkatan Laut, sekarang harus TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut," kata Laksamana TNI Yudo Margono.

"Tentunya dengan tanggung jawab yang besar tersebut, kita harus lebih konsentrasi lagi, lebih berkoordinasi lagi, lebih solid lagi untuk mewujudkan TNI yang kuat sehingga rakyat bermartabat," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya