TNI AL Akan Gelar Latihan Besar-besaran MNEK Komodo Libatkan 48 Negara di Perairan Makassar

VIVA Militer: Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Denny Prasetyo
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – TNI Angkatan Laut dalam waktu dekat ini akan membuat latihan besar-besaran dengan melibatkan prajurit  Angkatan Laut dan alutsista dari 48 negara sahabat. 

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Menariknya lagi adalah, diantara puluhan negara yang menyatakan akan hadir ikut dalam latihan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 itu ada Angkatan Laut dari Korea Selatan dan Korea Utara.

Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Denny Prasetyo mengatakan, latihan berskala internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 itu rencananya akan diselenggarakan di Makassar pada bulan Juni 2023 mendatang.

Pengamat Sepakbola: Penyelesaian Akhir Timnas Indonesia Masih Harus Dibenahi

"Jadi kegiatan latihan MNEK ini akan dilaksanakan di Makassar yaitu di ibu kota provinsi Sulawesi Selatan dengan melibatkan aset-aset dari Angkatan Laut negara sahabat," kata Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Denny Prasetyo di sela-sela kegiatan Initial Planning Conference (IPC) MNEK 2023 di Grand Mercure, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Desember 2022.

VIVA Militer: TNI AL akan gelar latihan MNEK Komodo dengan 48 Negara sahabat

Photo :
  • Dispenal
TNI Berduka... Di Hadapan Kolonel Bayu, Nyonya Indri Sujud Menangis Peluk Makam Letnan Imam

Lebih jauh dia menjelaskan, Initial Planning Conference (IPC) yang digelar hari ini di Jakarta merupakan salah satu tahapan untuk mempersiapkan latihan berskala internasional yang akan digelar medio 2023 nanti.

"Jadi kegiatan ini kita mengundang negara negara sahabat kita ada 48 negara yang kita undang, dan kebetulan di sini sudah hadir hampir 60 persen jadi sekitar 22 negara yang hadir untuk mengikuti kegiatan IPC ini, jadi ada beberapa yang langsung bertatap muka dengan kita dan beberapa negara yang melalui virtual," ujarnya.

Dia menegaskan, sejauh ini 48 negara sahabat menyatakan siap untuk hadir dalam kegiatan latihan besar-besaran MNEK 2023 yang telah diinisiasi oleh TNI Angkatan Laut tersebut. 48 negara sahabat yang menyatakan siap hadir diantaranya adalah Australia, Belanda Bangiadesh, Cambodia. Canada, China, Chile, Columbia, France, Brunei Darusalam, Fiji, Jerman, India, Iran, Irak, Italia, Inggris.

Kemudian, Jepang, Kenya, Laos, Malaysia, Mexico, Myanmar, New Zealand, Nigeria, Korea Utara, Oman, Pakistan, Philipina, Polandia, Portugal, Sngapura, Saudi Arabia, South Afrika, Korea Selatan, Spanyol, Srilanka, Swedia, Rusia, Thailand, Timor Leste, Tonga, Turki, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya