Cetak Sejarah, TNI AL Akan Pertemukan Militer Korsel dan Korut Dalam Latihan Komodo 2023

VIVA Militer: TNI AL gelar Initial Planning Conference (IPC) MNEK 2023
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – TNI Angkatan Laut dalam waktu dekat ini akan membuat latihan militer Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang akan digelar di wilayah perairan Makassar, Sulawesi Selatan pada bulan Juni 2023 mendatang.

Media Asing Sorot Aksi Joget Ernando Ari di Depan Pemain Korea Selatan: Mengejek

Latihan MNEK Komodo 2023 itu rencananya akan diselenggarakan pada Juni 2023 mendatang dengan dihadiri oleh militer Angkatan Laut dari 48 Negara sahabat.

Diantara negara-negara yang turut terlibat dalam latihan berskala internasional tersebut, ada dua kekuatan militer besar yang rencananya juga akan hadir ke Indonesia. Dua kekuatan militer itu adalah Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut).

Viral, Ekspresi Bung Towel Pas Indonesia Gilas Korea Selatan di Piala Asia U-23

Sebagaimana diketahui, dua negara tetangga itu dikenal sebagai negara tetangga yang tidak harmonis. Namun, TNI Angkatan Laut berhasil menciptakan sejarah baru yaitu mempertemukan kekuatan militer dua negara yang dikenal tidak akur tersebut.

Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksma TNI Denny Prasetyo membenarkan rencana keterlibatan Angkatan Laut Korea Selatan dan Korea Utara dalam MNEK Komodo 2023 mendatang. 

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

Danguspurla Koarmada II menegaskan, posisi TNI Angkatan Laut selaku tuan rumah MNEK Komodo 2023 netral. Dan TNI Angkatan Laut mengundang seluruh Angkatan Laut dari negara-negara sahabat, dan sejauh ini 47 negara menyatakan kesiapan hadir dalam ajang latihan militer berskala internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang secara rutin dua tahunan diselenggarakan di Indonesia.

"Karena dari dulu kita netral, jadi kita undang seluruh negara yang bersahabat dengan kita, khususnya AL ya, mereka kami ajak bersama ya mereka baik-baik saja, jadi tidak ada konflik diantara mereka saat bertatap muka, pada saat berdiskusi juga seperti hal normal-normal yang kita amati," kata Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Denny Prasetyo usai membuka Initial Planning Conference (IPC) MNEK 2023 di Grand Mercure, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Desember 2022.

VIVA Militer: Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Denny Prasetyo

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Lebih jauh Danguspurla Koarmada II menjelaskan, Latihan MNEK Komodo 2023 merupakan latihan rutin yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali di Indonesia. Namun, sejak kegiatan latihan yang melibatkan Angkatan Laut negara sahabat itu sempat tertunda karena pandemi COVID-19.

Dia menegaskan, latihan MNEK merupakan kegiatan penting dalam bentuk latihan non-perang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional untuk mendapatkan dasar bangunan kuat yaitu, kepercayaan antar-negara dan antar Angkatan Laut. 

Untuk diketahui, Latihan MNEK tahun Ini, selain pelaksanaan latihan juga digelar sejumlah kegiatan meliputi pembangunan fasilitas umum atau Engineering Civic Action Programe (ENCAP), bakti kesehatan atau Medical Civic Action Programe (MEDCAP), parade kota, program budaya, pameran maritim, program kuliner, hingga pelaksanaan sailing pass dari kapal-kapal seluruh negara yang ikut serta dalam latihan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya