TNI AL Resmikan Kapal Patkamla Posa II-13-52 untuk Amankan Jalur Logistik Pembangunan IKN

VIVA Militer: Kapal Patkamla Posa II-13-52 Lanal Balikpapan
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – TNI Angkatan Laut (TNI AL) baru saja mengukuhkan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) baru untuk mendukung kebijakan negara dalam penyiapan dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di wilayah kerja Lanal Balikpapan dalam mengamankan jalur logistik di perairan Balikpapan.

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

Kapal Patkamla Posa II-13-52 tersebut beberapa waktu lalu dikukuhkan oleh Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama (Laksma) TNI Fauzi di Jetty PT. Sendy Jaya Jl. Letjen Suprapto Baru Uju, Kota Balikpapan yang secara resmi akan memperkuat unsur Lanal Balikpapan.
 
Kapal Patkamla Posa tersebut memiliki spesifikasi panjang 20 M, diplacement 30 ton,  dan dibekali 2 mesin bertenaga 1400 HP sehingga mampu mencapai kecepatan 50 knots. 

Kapal ini mempunyai fungsi sebagai kapal patroli dan mendukung kegiatan di laut. Sementara fungsi lain diantaranya melakukan penyelidikan, peperangan khusus antiteror aspek laut serta mampu melaksanakan Search And Rescue (SAR). 

Sagil Siswa SD di Jambi yang Miliki Tinggi 2 Meter Bercita-cita Ingin Jadi Anggota TNI

“Kehadiran Patkamla Posa II-13-52 sebagai alutsista di Lanal Balikpapan merupakan bentuk jawaban atas tuntutan dinamika tugas serta wujud inovasi dalam melaksanakan tugas pangkalan untuk mendukung kebijakan negara dalam penyiapan dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di wilayah kerja Lanal Balikpapan dalam mengamankan Jalur Logistik di perairan Balikpapan,” kata Danlantamal XIII Laksma Fauzi dalam keterangan resminya yang dilansir VIVA Militer, Senin, 16 Januari 2023.

Untuk diketahui, Patkamla Posa (Pos) adalah kapal buatan PT Palindo Marine. Kapal ini akan beroperasi memperkuat Lanal Balikpapan, Lantamal XIII dan Koarmada II, khususnya sebagai pengamanan wilayah ibu kota negara (IKN) sesuai keputusan KSAL Nomor Kep/3346/IX/2022 tentang penetapan satu unit combat boat 20 m.

Biadab, Tentara Israel Hancurkan Puluhan Rumah Badui di Gurun Negev

Pemenuhan kebutuhan akan Alutsista juga menjadi program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali yang akan memfokuskan untuk mencapai kekuatan yang siap dioperasionalkan dalam bentuk kesiagaan dan kesiapan yang tinggi. 

VIVA Militer: Drone bunuh diri militer Iran

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Iran mengerahkan kekuatan militer untuk menyokong rezim al-Assad.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024