Sandang Bintang Dua Emas TNI AU, Donald Kasenda Pegang Tongkat Komando Panglima Koopsud III Biak

VIVA Militer: Panglima Koopsudnas pimpin Sertijab Pangkoopsud III Biak
VIVA Militer: Panglima Koopsudnas pimpin Sertijab Pangkoopsud III Biak
Sumber :
  • Pen. Koopsudnas

VIVA – Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya (Marsdya) TNI M. Tonny Harjono hari ini resmi melantik Waasintel Panglima TNI Marsekal Pertama (Marsma) TNI Donald Kasenda sebagai Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Biak menggantikan Marsda TNI T.B.H. Age Wiraksono.

Sementara, Marsda TNI T.B.H. Age Wiraksono akan menempati jabatan barunya sebagai Asintel Kasau.

Pelantikan Marsma TNI Donald Kasenda sebagai Pangkoopsud III Biak itu dilakukan dengan upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang digelar di Lapangan Upacara Makoopsudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 25 Januari 2023.

Untuk diketahui, pergantian atau rotasi jabatan di lingkungan TNI Angkatan Udara ini sebagai tindak lanjut dari keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023 tanggal 16 Januari 2023 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tonny Harjono menyampaikan bahwa keberhasilan dalam pencapaian tugas Koopsud III, sangat tergantung kepada kemampuan, kekuatan dan pola gelar yang dilaksanakan.
 
"Dihadapkan dengan pemekaran terhadap tugas wilayah administrasi kota yang saat ini menjadi Provinsi, tentunya menjadikan tugas-tugas Koopsud III serta jajaran akan semakin kompleks," kata Panglima Koopsudnas Mardya TNI Tonny Harjono.
 
Dalam kesempatan itu, Panglima Koopsudnas turut mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Marsda TNI T.B.H. Age Wiraksono beserta istri atas dedikasi yang tinggi selama mengabdikan diri di Koopsud III.
 
Untuk diketahui pula, dengan dilantiknya Donald Kasenda sebagai Panglima Koopsud III Biak, berarti Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Udara lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1991 itu, kini resmi menyandang pangkat bintang dua emas dipundaknya atau Marsekal Muda (Marsda).

Marsda TNI Donald Kasenda tercatat memiliki karier militer yang cukup cemerlang di lingkungan TNI Angkatan Udara. 

Dari informasi yang dihimpun VIVA Militer, Donald Kasenda pernah menjabat sejumlah posisi penting di TNI Angkatan Udara, diantaranya adalah Komandan Skadron Udara 2 pada tahun 2009-2010, Atase Pertahanan RI di Belanda tahun 2012-2015, Paban 2 Hubungan Internasional Sintel Mabes TNI pada tahun 2017, Kadispamsanau pada tahun 2019, dan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Manuhua pada tahun 2021-2022.

Halaman Selanjutnya
img_title