Makan Pecel, SBY Kaget Lihat Tab Pasukan Khusus Amerika di Baju Komandan Para Raider 501 Kostrad TNI

VIVA Militer: Letkol Inf Arief saat bersalaman dengan SBY
Sumber :
  • Yonif PR 501 Bajra Yudha

VIVA – Ada peristiwa menarik terjadi saat Presiden RI ke-6, Jenderal (Purn.) Susilo Bambang Yudhoyono melakukan lawatan ke Kota Pendekar, Madiun, Jawa Timur.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Jadi ceritanya Pak SBY lagi dalam perjalanan dari kampung halamannya di Pacitan menuju Malang. Di tengah perjalanan, ia  mampir ke Madiun untuk makan siang mencicipi Pecel 99. Di sana beliau  berjumpa dengan Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 501/Bajra Yudha, Kostrad, Letnan Kolonel Inf Arief Widyanto.

Berdasarkan siaran resmi yang diterima VIVA Militer, Kamis 2 Februari 2023, saat bersalaman dengan lulusan Akademi Militer 2004 Arupadatu itu, tiba-tiba Pak SBY dibuat terkejut saat melihat sebuah tab yang dikenakan Letkol Inf Arief di seragam dinas TNI Angkatan Darat.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

VIVA Militer: Letkol Inf Arief semasa di Ranger School Amerika.

Photo :
  • Yonif PR 501 Bajra Yudha

Tab itu berwarna dasar hitam dengan lis kuning dan bertuliskan RANGER juga berwarna kuning.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Lalu kenapa Pak SBY sampai kaget dengan tab itu?.

Ternyata tab yang dikenakan Letkol Inf Arief bukan sembarang tab dan sangat jarang dimiliki prajurit TNI lainnya

Tab itu merupakan sebuah tanda bahwa seorang tentara merupakan alumni dari Ranger School.

VIVA Militer: Letkol Inf Arief semasa di Ranger School Amerika.

Photo :
  • Yonif PR 501 Bajra Yudha

Ranger School sendiri merupakan pusat pendidikan bagi seorang personel Pasukan Khusus Angkatan Darat militer Amerika Serikat, US Army Ranger.

Untuk bisa masuk mendapatkan pendidikan di Ranger School bukan perkara mudah, apalagi bagi prajurit militer Indonesia. Bahkan tentara Amerika juga banyak yang gagal karena standar kelulusan sangat tinggi dan menggunakan sistem gugur. 

VIVA Militer: Letkol Inf Arief semasa di Ranger School Amerika.

Photo :
  • Yonif PR 501 Bajra Yudha

Nah, komandan pasukan langit 501 Kostrad ini merupakan salah satu tentara di dunia ini yang berhasil lulus dari Ranger School. Ia tercatat sebagai lulusan di tahun 2012. Itulah kenapa ia berhak mengenakan tab Ranger di seragamnya.

Dan hal ini yang membuat Pak SBY terkejut melihat tab di seragam Letkol Inf Arief.  Pak SBY sendiri juga sama dengan Letkol Inf Arief. Ia juga menimba pendidikan di Ranger School dan lulus tahun 1976.

VIVA Militer: SBY semasa di Ranger School Amerika.

Photo :
  • Yonif PR 501 Bajra Yudha

Dalam perjumpaan tak terduga sesama jebolan Ranger School, Pak SBY berpesan kepada Letkol Inf Arief untuk terus mengabdi dengan baik di TNI Angkatan Darat dan siap sedia menghadapi segala dinamika yang terjadi, sesuai dengan tulisan yang terpampang di Ranger School : "Bukan untuk Mereka yang Lemah dan Pengecut". 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya