Kostrad TNI AD Berduka, Praka Jumardi Tewas Ditembak OPM Saat Evakuasi Warga Sipil di Puncak Papua

VIVA Militer: Prajurit Yonif Raider 303/SSM, Kostrad TNI (Ilustrasi).
Sumber :

VIVA – Kabar duka kembali menyelimuti Tentara Nasional Indonesia (TNI). Seorang prajurit terbaik Kostrad TNI Angkatan Darat yang bertugas sebagai Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 303/Setia Sampai Mati (SSM), Praka Jumardi atau Praka JM tewas diterjang timah panas dari kelompok separatis teroris (KST) Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Puncak, Papua.

Jenderal Perang Angkatan Laut Belanda Datangi Markas Sarang Petarung Marinir, Ada Apa?

Praka JM tewas ketika hendak memberikan pertolongan terhadap seorang wanita yang merupakan Orang Asli Papua (OAP) atas nama TM yang terkena tembakan karena serangan yang dilontarkan oleh KST OPM Papua pada Jum'at, 3 Maret 2023 siang, di Kampung Pamebut, Distrik Yugumuak, Kabupaten Puncak, Papua.

Kelompok bersenjata OPM itu secara tiba-tiba memberondong tembakan ke arah Pos Sinak Satgas Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 303/Setia Sampai Mati (SSM) Kostrad yang terletak di Kampung Pamebut, Distrik Yugumuak, Kabupaten Puncak, Papua. 

Amerika Pembohong Besar, Nilai Paket Senjata Buat Israel Ternyata Tembus Rp20 Triliun

Tembakan mereka mensasar warga sipil yang berada di sekitar Pos Satgas TNI AD yang memiliki lambang Tengkorak Putih dan Pisau Komando tersebut. 

"Kemudian Aparat TNI pengevakuasi yang bersangkutan (korban) ke Puskesmas Sinak, namun saat evakuasi menuju Puskesmas Tim evakuasi tersebut dihadang dan ditembak oleh KST. Mengakibatkan Praka JM tertembak dan akhirnya terjadi kontak tembak," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Jum'at, 3 Maret 2023.

Pesawat Kelima Super Hercules C-130J TNI AU Pesanan Menhan Prabowo Tiba di Indonesia

Praka Jumardi yang terkena tembakan KST OPM Papua kemudian berhasil dievakuasi ke Puskesmas Sinak oleh prajurit Satgas Yonif Raider 303/SSM lainnya untuk mendapatkan pertolongan. Namun naas, Jumardi dan seorang wanita yang merupakan warga sipil atas nama TM dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis Puskesmas Sinak.

"Direncanakan Praka JM akan dievakuasi menuju Timika," kata Kapendam Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman.

"Sampai dengan saat ini pukul 15.15 Wit, gerombolan KST melakukan penembakan kepada aparat TNI sehingga terjadi kontak tembak," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya