Wow, Prajurit TNI Temukan Kondom di Kantong Warga Asing Penjual Peluru Sniper ke Papua

VIVA Militer: Barang bukti penjual munisi sniper ke Papua.
Sumber :
  • Yonif 132/Bima Sakti

VIVA – Prajurit TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG, Batalyon Infanteri 132/Bima Sakti baru saja berhasil menangkap seorang warga asing yang diduga sebagai penjual munisi senjata api ke Papua.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Warga negara asing bernama Baney Makain itu ditangkap prajurit TNI Angkatan Darat setelah terdeteksi membawa munisi senjata api. Gak tanggung-tanggung, pria 28 tahun itu membawa amunisi senjata yang bisa dipakai untuk seorang penembak runduk alias sniper. Yaitu munisi kalibar 7,63 milimeter. Tak cuma itu, ia juga membawa munisi tajam kaliber 5,56 milimeter.

Berdasarkan siaran resmi yang diterima VIVA Militer, upaya Banet menyelundupkan munisi itu ke Papua terungkap setelah petugas Bea Cukai Wilker Skouw melakukan pemeriksaan X-Ray.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

VIVA Militer: Penangkapan WNA penjual munisi ke Papua.

Photo :
  • Yonif 132/Bima Sakti

Menurut Wakil Komandan Satgas Pamtas Yonif 132/Bima Sakti, Mayor Inf Zulfikar Rakita Dewa, dari hasil pemeriksaan, diketahui munisi itu diakui sebagai milik dari kakaknya. Dan dibawa oleh Baney ke Papua untuk dijual.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Nah ada fakta menarik dalam kasus ini, saat diperiksa di pos komando utama Satgas Pamtas, prajurit TNI menemukan sejumlah barang pribadi lain pada Baney. Salah satunya ialah alat kontrasepsi berupa kondom. Ada 3 bungkus kondom yang dibawa Baney.

Berdasarkan pengakuan Baney, ia tahu banget peraturan yang berlaku bagi WNA yang akan melintas di batas negara. Apalagi situasi keamanan di Papua sedang mencekam menyusul serangkaian teror gangguan keamanan yang dilancarkan Kelompok Separatis Teroris (KST) OPM. Namun dia masih saja nekat menyelundupan kedua munisi itu dengan harapan bisa dengan mudah bisa lolos dari pemeriksaan petugas.

VIVA Militer: Penangkapan WNA penjual munisi ke Papua.

Photo :
  • Yonif 132/Bima Sakti

Dalam pengakuannya sih, ia belum tahu mau jual munisi itu ke siapa. Tapi target akan dijual ke wilayah Skouw, Mosso maupun Keerom

Karena tindakan Baney itu melanggar hukum dan membahayakan jiwa, maka penyelidikan terhadap temuan munisi itu masih terus diselidiki aparat keamanan TNI dan Polri.

Baca: Letkol yang Bikin Wali Kota Nangis Melesat Jadi Komandan Brigif Para Raider 3 Kostrad TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya