Pasukan Raider 514 Kostrad TNI Selamatkan 52 Orang Terdampar Kelaparan di Tengah Hutan Papua

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 514/SY temukan 52 penduduk di hutan.
Sumber :
  • Yonif Raider 514/Sabbada Yudha

VIVA – Pasukan tempur Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) TNI baru saja berhasil mengevakuasi puluhan penduduk yang ditemukan terdampar tengah hutan di sekitar wilayah Kalimin, Distrik Keenyam, Kabupaten Nduga, Papua.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Proses evakuasi sebanyak 52 warga itu dilakukan prajurit TNI dari Satuan Tugas Batalyon Infanteri Raider 514/Sabbada Yudha, Divisi Infanteri II Kostrad.

Dalam siaran resmi yang diterima VIVA Militer, Senin 27 Maret 2023, puluhan warga itu bukanlah penduduk lokal atau asli wilayah Kenyaam. Tapi mereka datang dari wilayah yang jauh yaitu dari Distrik Kroptak.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 514/SY temukan 52 penduduk di hutan.

Photo :
  • Yonif Raider 514/Sabbada Yudha

Menurut Komandan Satgas Yonif Raider 514/SY, Letnan Kolonel Inf Rinto Wijaya, 52 warga asal Distrik Kroptak ini ditemukan secara tak sengaja oleh pasukannya.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Jadi ketika itu prajurit Satgas Yonif Raider 514/SY yang dipimpin Kapten Inf Mahardika dari Pos Kendibam melakukan patroli keamanan kampung ke wilayah Kalimin. Nah ketika itulah di tengah hutan terlihat puluhan orang asing yang dalam kondisi kebingungan.

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 514/SY temukan 52 penduduk di hutan.

Photo :
  • 514

Ketika ditemukan kondisi 52 warga itu sangat memprihatinkan. Mereka mengalami kelelahan dan kelaparan setelah selama 4 hari berjalan kaki dari Distrik Kroptak.

52 warga ini nekat meninggalkan kampung halaman mereka dan mencari penghidupan baru di Distrik Keenyam karena dilanda ketakutan akan teror dari kelompok separatis teroris KKB OPM Papua.

Setelah diberikan minuman dan makanan seadanya akhirnya 52 warga Distrik Kroptak yang sebagian besar adalah wanita dan anak-anak itu akhirnya dievakuasi menggunakan truk TNI menuju ke kantor Polres Nduga.

VIVA Militer: Dansatgas Yonif Raider 514/SY, Letkol Inf Rinto Wijaya.

Photo :
  • Yonif Raider 514/Sabbada Yudha

"Selama di wilayah Keenyam, kita jamin keamanan mereka hingga mereka dapat hidup secara normal," kata Letkol Inf Rinto Wijaya.

Perlu diketahui, bukan kali ini saja pasukan Satgas Yonif Raider 514/SY melakukan evakuasi terhadap penduduk. Sebelumnya ratusan warga Paro dievakuasi menyusul gangguan keamanan dan teror OPM di wilayah Nduga.

Baca: Panglima TNI Berangkatkan Pasukan Tempur Yudha Sakti dan Batalyon Raider 200 ke Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya