Dimutasi Panglima ke Papua Lagi, Eks Komandan Grup 3 Kopassus Melesat Jadi Jenderal Bintang Dua

VIVA Militer: Brigjen TNI Izak Pangemanan.
Sumber :
  • Penerangan Kodam II/Sriwijaya

VIVA – Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono telah menerbitkan surat keputusan tentang pemberhentian dan pengangkatan perwira tinggi dan menengah di lingkungan militer Nusantara.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Dalam Surat Keputusan nomor 338/III/2023 itu, terdapat 219 nama pati dan pamen dari ketiga matra, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

Pada rotasi jabatan kali ini, VIVA Militer akan fokus mengangkat tentang salah satu nama pati TNI Angkatan Darat yang baru saja dipromosikan untuk mengisi jabatan orang nomor dua di jajaran Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Mau tahu siapakah pati itu?.

VIVA Militer: Brigjen TNI Izak P.

Photo :
  • Penerangan Kodam II/Sriwijaya
Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Beliau merupakan alumni Akademi Militer 1990, namanya Brigadir Jenderal TNI Izak Pangemanan. Dalam SK 338 itu, disebutkan bahwa jenderal TNI berdarah Komando Pasukan Khusus itu dipindah tugaskan dari jabatan sebelumnya Kepala Staf Komando Daerah Militer II Sriwijaya menjadi Kepala Staf Kogabwilhan III.

Brigjen TNI Izak Pangemanan dipromosikan menjabat Kas Kogabwilhan III untuk menggantikan Laksamana Muda Achmad Wibisono yang dimutasi ke Kogabwilhan II untuk menjabat Kepala Staf Kogabwilhan II.

Yang menarik dari promosi Brigjen TNI Izak Pangemanan ini adalah, dengan jabatan baru itu, maka otomatis jenderal TNI kelahiran Manado itu akan naik pangkat satu tingkat menjadi Mayor Jenderal. Sebab, dalam struktur organisasi Kogabwilhan III, seorang Kepala Staf haruslah perwira tinggi berpangkat Mayjen TNI alias pati yang menyandang dua bintang emas di pundaknya.

VIVA Militer: Brigadir Jenderal TNI Izak Pangemanan.

Photo :
  • Korem 172/PWY

Perlu diketahui, Brigjen TNI Izak Pangemanan belum lama lho menjabat Kasdam II Sriwijaya. Ia mulai mengisi jabatan itu pada 30 Mei 2022 menggantikan Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko.

Sebelum ke Sumatera, Brigjen TNI Izak bertugas di Papua, ia dipercaya menjabat sebagai Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih.

Selain pernah jadi Danrem, saat masih berpangkat Kolonel, beliau juga pernah menjabat Komandan Rindam Cenderawasih. Karena itulah, pemilihan Brigjen TNI Izak untuk menjabat Kas Kogabwilhan III sangat tepat. Sebab Tanah Papua bukan wilayah asing bagi beliau.

VIVA Militer: Pasukan Yonif 711/Raksatama dan Brigjen TNI Izak.

Photo :
  • Yonif 711/Raksatama.

Selain itu pula, selama berkarier di TNI, mantan Komandan Grup 3 Kopassus ini sudah beberapa kali dilibatkan dalam berbagai operasi di Papua. Mulai dari Satuan Tugas Tribuana Irian Jaya, Satgas BAN Papua 5, 10 dan 11. Serta koodinator Papua Kementerian Pertahanan.

Kogabwilhan III merupakan komando utama operasi yang dibentuk untuk wilayah kerja seluruh wilayah darat, laut dan udara Kepulauan Maluku dan Papua. Saat ini Kogabwilhan III dipimpin Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa sebagai panglimanya.

Selamat bertugas Mayjen TNI Izak Pangemanan, semoga selalu diberikan kebaikan dan kesuksesan dalam setiap penugasannya. Hormat Jenderal.

Baca: Setelah Pasukan Setan dan Banteng Loreng, Kini Freeport Dijaga Batalyon Raider Elang Kalimantan TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya