Aksi Kejutan Pasukan Bang Alex Kostrad TNI saat Lihat Mama Duduk Lesu di Tepi Jalanan Papua

VIVA Militer: Pak Pater Satgas Mobile Yonif MR 411/Pandawa, Kostrad
Sumber :
  • Yonif Mekanis Raider 411 Pandawa

VIVA – Lagi-lagi, prajurit TNI dari Satuan Tugas Mobile Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa, Kostrad, TNI Angkatan Darat membuat kejutan tak terduga di Kota Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

28 Perwira TNI AU Terima Brevet Kehormatan Setia Waspada Paspampres, Siapa Saja Mereka?

Jadi Sabtu siang, 15 Juli 2023, Pasukan Pandawa pimpinan Letnan Kolonel Inf Subandi alias Bang Alex sedang berjaga di Pos Komando Taktis Satgas Mobile Yonif MR 411/Pandawa.

Dari Pos Kotis, enggak tahunya Bapak Teritorial  alias Pak Paternya Pasukan Pandawa, yaitu Letnan satu Inf Sunaryo melihat dua orang mama sedang duduk di tepi jalan dengan sayur mayur tergelar di hadapan mereka.

Letjen TNI Saleh Mustafa Buka Kejuaraan Taekwondo Pangkostrad Cup 2024

VIVA Militer: Pak Pater Satgas Mobile Yonif MR 411/Pandawa, Kostrad

Photo :
  • Yonif Mekanis Raider 411 Pandawa

Rupanya kedua mama itu sedang berjualan hasil bumi yang baru mereka panen. Sayangnya, walau sudah lama menjajakan dagangan, tak ada satupun orang yang datang dan membeli.

'Bravo Zulu' Kapal Selam TNI AL KRI Alugoro-405 Tembakkan Torpedo Black Shark di Selat Bali

Kebetulan sekali, ketika itu cuaca memang kurang mendukung. Jalan masih basah karena baru saja diguyur hujan. Jadi walau jualan di tepi jalan Kota Kenyam, yang melintas masih sepi. Mama pun terduduk lesu.

Pak Pater pun enggak tega lihat kedua mama itu. Akhirnya ia dan prajurit berjalan mendekati mama. Lalu menyapa mama dengan ramah.

VIVA Militer: Pak Pater Satgas Mobile Yonif MR 411/Pandawa, Kostrad

Photo :
  • Yonif Mekanis Raider 411 Pandawa

Dan yang disangka-sangka, setelah berbincang singkat, Pak Patter memborong barang jualan mama. Mama pun kaget, walau begitu mereka terlihat sangat senang karena akhirnya bisa memiliki uang membeli kebutuhan pokok di pasar.

"Terima kasih Pak TNI Satgas sudah memborong jualan saya, tak perlu menunggu sampai siang kami bisa pulang ke rumah," kata salah satu mama bernama Malena Gwijangge.

Menurut Bang Alex dalam siaran resmi yang diterima VIVA Militer, apa yang dilakukan Pak Pater itu merupakan bagian dari prinsip Satgas Mobile Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad.

VIVA Militer: Pak Pater Satgas Mobile Yonif MR 411/Pandawa, Kostrad

Photo :
  • Yonif Mekanis Raider 411 Pandawa

Karena sejak pertama menginjakkan kaki di Bumi Cenderawasih, Pasukan Pandawa telah berkomitmen bahwa penugasan ke Nduga ini bukan cuma untuk menjaga keamanan dan kedamaian. Tapi yang terutama adalah kehadiran Pasukan Pandawa dapat memberikan manfaat bagi kehidupan warga Papua.

Memborong jualan kedua mama itu bagian dari program teritorial Satgas Mobile Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad untuk dapat meringankan kesulitan ekonomi masyarakat yang selama ini menjadi permasalahan serius yang terjadi di Nduga.

"Ke depannya aksi-aksi sosial seperti ini akan kami gencarkan lebih banyak lagi dengan harapan dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dijalankan, membuat masyarakat semakin bahagia," ujar Bang Alex jebolan Akademi Militer 2004 ARUPADATU.

Baca: Bohai Jadi Primadona, Puluhan Warga Papua Teriak-teriak Datangi Pos Pasukan Elite 330 Kostrad TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya