Spektakuler, Pangkostrad Tanam 63.672 Pohon di Daerah Latihan Kostrad TNI AD

VIVA Militer: Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak tanam 63.000 pohon keras
Sumber :
  • Penkostrad

Sukabumi – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak bersama Dirut PT. Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi melakukan gerakan spektakuler, yaitu penanaman 63.672 pohon di kawasan Daerah Latihan (Rahlat) Kostrad yang terletak di Cibenda, Sukabumi, Jawa Barat, pada hari Senin, 17 Juli 2023 kemarin.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Aksi penanaman puluhan ribu batang pohon itu dilakukan dalam rangka menjalankan program Community Forest yang kini tengah digencarkan guna mengurangi emisi gas karbon.

Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak  mengatakan, penanaman 63.672 pohon keras produktif (tanaman buah) di lokasi Daerah Latihan (Rahlat) Kostrad itu merupakan pemanfaatan lahan satuan Kostrad sebagai lahan penghijauan dalam rangka mengurangi peningkatan emisi gas karbon.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Program ini juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan serta memberikan perlindungan keanekaragaman hayati dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memberi nilai tambah ekonomi pada lahan yang kurang produktif untuk ditanami berbagai jenis komoditas. 

“Hal tersebut senada apabila dihadapkan dengan pencapaian tugas pokok Kostrad khususnya pada fungsi teritorial, diantaranya adalah sebagai penguatan pembinaan teritorial (Binter) Kostrad, pemanfaatan lahan untuk keperluan logistik wilayah, membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan sosial di bidang ketahanan pangan dan membangun, memelihara, meningkatkan serta memantapkan kemanunggalan TNI – Rakyat,” kata Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Selasa, 18 Juli 2023.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Lebih jauh jenderal bintang tiga TNI AD itu menjelaskan, luas lahan yang akan dimanfaatkan kurang lebih 200 HA, dan akan ditanami berbagai jenis pohon keras produktif sejumlah ± 63.672 pohon, di antaranya mangga, nangka, sirsak, petai, jengkol dan tanaman keras lainnya.

VIVA Militer: Pangkostrad Tanam puluhan ribu pohon di Rahlat Kostrad

Photo :
  • Penkostrad

Untuk diketahui, tahapan awal, Kostrad dan Pupuk Kaltim (PKT) sudah melakukan penanaman sebanyak 3.000 pohon di lahan Latihan Kostrad Cibenda, Sukabumi seluas 10 Ha di tahun 2022, jenis pohon buah yang ditanam, antara lain, Nangka, Mangga, Durian, Alpukat dan Sirsak.

Pada kesempatan ini juga secara simbolis Pangkostrad melepaskan 100 ekor lebih burung, yang terdiri dari burung merpati, kutilang dan perkutut. Hal itu bertujuan untuk menjaga dan mempertahankan populasi burung-burung di habitat alaminya sehingga terhindar dari ancaman kepunahan.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi berterima kasih atas dukungan yang diberikan Panglima Kostrad dan jajaran terhadap program Community Forest.

"Kami menyambut baik respon positif dari Pangkostrad beserta jajarannya yang berkomitmen bersama PKT untuk mendukung terlaksananya program Community Forest. Semoga sinergi baik ini bisa berkontribusi langsung untuk mengurangi emisi karbon yang sudah menjadi target PKT," kata Rahmad Pribadi.

Lebih lanjut Rahmad menjelaskan, program Community Forest ini adalah bentuk inovasi berkelanjutan demi mencapai target pengurangan emisi karbon (dekarbonisasi) yang sebelumnya sudah dicanangkan PKT. Dengan harapan, Program Community Forest ini bisa berkontribusi terhadap potensi penyerapan emisi karbon sebesar 600.000 ton CO2 per tahun. Penerapan ESG PKT juga diakui banyak pihak lewat raihan penghargaan dan pengakuan positif. Salah satunya PKT meraih posisi nomor satu di dunia untuk penilaian ESG Risk Rating untuk sektor agrokimia dari Sustainalytics.

Kegiatan diakhiri penyerahan secara  simbolis CSR paket irigasi dan 
sarana produksi pertanian (Saprodi), satu unit traktor roda empat oleh Dirut PT. Pupuk Kaltim kepada Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak dan penyerahan cinderamata dari Pangkostrad kepada Dirut PKT dilanjutkan pelaksanaan peninjauan lokasi yang digunakan sebagai lahan tanam.

Sejumlah pejabat utama Kostrad dan pemerintah daerah turut hadir dalam acara penanaman puluhan ribu pohon di area daerah latihan TNI AD tersebut, diantaranya adalah Irkostrad, Wair Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Para Dan/Ka Sat/Balak Kostrad, Aster Kasdivif 1 Kostrad, Dandenharrahlat Kostrad dan Danyon Armed 13/1/1/Kostrad. Kemudian, Kepala Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Dekan Fakultas Kehutanan UGM dan Forkopimda Kab. Sukabumi serta para pelaksana program Community Forest PKT dan para Kelompok Tani wilayah Sukabumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya