Ternyata di Australia Pasukan Elite 501 Kostrad TNI Duet Tempur Sama Brigade Sangar Penyerang Turki

VIVA Militer: Australian 3rd Brigade Mechanize
Sumber :

VIVA – Pasukan elite Batalyon Infanteri Para Raider 501/Bajra Yudha, Kostrad, TNI Angkatan Darat, telah menginjakkan kakinya di Townsville, Autralia.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Yonif Para Raider 501/BY yang diterima VIVA Militer, Senin 17 Juli 2023, kedatangan 31 prajurit TNI asal Kota Madiun, Jawa Timur ini di Australia langsung disambut Atase Pertahanan Darat (Athan) Darat Kolonel Chb Tomi Apianto.

Menurut Kolonel Chb Tomi, setiba di Townsville pasukan legendaris TNI penyerbu Kota Dili itu telah ditunggu pasukan elite berbagai negara kuat dunia untuk segera dilangsungkan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Talisman Sabre 2023.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

VIVA Militer: Pasukan Langit 501 Kostrad di Australia.

Photo :
  • Yonif Para Raider 501 Bajra Yudha

Nah di kota yang berada di timur laut Australia ini, Pasukan Langit Yonif PR 501/BY dengan dipimpin sang komandan, yakni Letnan Kolonel Inf Arief Widyanto akan langsung melaksanakan latihan tempur darat alias Joint Land Combat Excercise dengan pasukan Australian 3rd Brigade Mechanize.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Prajurit Yonif PR 501/BY akan latihan tempur dengan pasukan Australian 3rd Brigade Mechanize di Townsville Training Area sampai akhir bulan nanti. Kemudian setelah itu akan terbangkan ke Kapyong DZ Shoal Waterbay Training Area, Rockhampton untuk melaksanakan operasi lintas udara dengan militer Amerika Serikat.

Perlu diketahui, Australian 3rd Brigade Mechanize bukan brigade kaleng-kaleng lho. Brigade ini telah didirikan sejak tahun 1903. Dan cukup terkenal di dunia karena pernah terlibat langsung dalam berbagai peperangan bersejarah.

VIVA Militer: Pasukan Langit 501 Kostrad di Australia.

Photo :
  • Yonif Para Raider 501 Bajra Yudha

Salah satunya ialah ketika pecah perang besar di Benua Biru, Eropa dengan total korban tewas 113.350 pada tahun 1915. Saat Britania Raya dan sekutu menggelar Operasi Militer Gallipoli untuk merebut kota ibu kota Kesultanan Utsmaniyah, Istanbul.

Dan militer Australia mengerahkan pasukan Brigade Mekanis 3 dalam peperangan itu. Australia sendiri mengerahkan 50 ribu prajurit dalam perang itu.

Australian Department of Veterans' Affairs mencatat, sebanyak 8.709 tentara Australia tewas di perang itu, dan 19.441 terluka.

Baca: Markas Batalyon Elite Kostrad TNI Geger, Komandan Pasukan Tengkorak Dihadang Ular Besar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya