Letnan Kolonel Pilot Pesawat Presiden Melesat Jadi Komandan Skadron Air Force One TNI

VIVA Militer: Pilot pesawat presiden RI
Sumber :
  • Skadron Udara 17

VIVA – Ada kabar baik datang dari Pangkalan Militer Udara (lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta. Salah satu perwira menengah terbaik TNI Angkatan Udara dilantik untuk menjabat Skadron Udara 17 VIP.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Perwira itu adalah Letnan Kolonel Pnb Erick Budi Setiawan. Ia dipercaya menjabat skadron elite TNI AU itu menggantikan Letkol Pnb Irwand Syafriadi.

Serah terima jabatan Komandan Skadron Udara 17/VIP dilangsungkan Kamis 24 Agustus 2023 dengn dipimpin Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Marsma TNI Adrian P. Damanik.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Skadron Udara 17 VIP.

Photo :
  • Lanud Halim Perdanakusuma

"Pergantian pejabat merupakan implementasi dari pola pembinaan personel dan hendaknya dimaknai sebagai sebuah proses alamiah yang harus dilalui sebagai bentuk kepercayaan dari pimpinan," kata Marsma TNI Adrian P Damanil dilansir VIVA Militer dari siaran resmi Penerangan Lanud Halim Perdana Kusuma.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Menurut Marsma TNI Adrian P. Damanik, tugas Letkol Pnb Erick Budi Setiawan dipastikan akan lebih berat lagi dari komandan-komandan Skadud 17 VIP sebelumnya.

Sebab saat ini Skadud 17/VIP telah kedatangan armada pesawat VIP Baru yakni Dassault jenis Falcon 7X dan Falcon 8X. Dan tak lama lagi Skadron ini juga akan diperkuat dengan pesawat VIP baru Boeing 737-800.

VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Skadron Udara 17 VIP.

Photo :
  • Lanud Halim Perdanakusuma

Perlu diketahui, walau harus mengemban tugas berat. Namun jika melihat rekam jejak kariernya, Letkol Pnb Erick Budi Setiawan tak akan canggung lagi untuk menjalankan amanah baru itu.

Sebab Letkol Pnb Erick Budi Setiawan bukan orang baru di Skadud 17 VIP. Dan yang terpenting ia merupakan pilot pesawat Boeing 737-400 yang tak lain adalah pesawat khusus kepresidenan.

Skadron Udara 17 VIP merupakan skadron VIP/VVIP yang memiliki kemiripan dengan Presidential Airlift Group 89th Airlift Wing Angkatan Udara Amerika Serikat alias Air Force One.

Salah satu tokoh militer tanah air yang pernah menjabat Komandan Skadron Udara 17 adalah Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Baca: Jeritan Tragis di Pedalaman Papua, Pasukan Elite 330 Kostrad TNI Temukan Kakek Terkapar di Jalanan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya