Lagi, Menhan Prabowo Berencana Borong 24 Unit Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk Buatan AS

VIVA Militer: Prabowo saksikan Penandatanganan HOA Helikopter Black Hawk di AS
Sumber :
  • PTDI

VIVA – Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) berencana akan membeli 24 unit Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS).

Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

Rencana pengadaan 24 unit Helikopter Black Hawk itu didukung penuh oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI) sebagai salah satu industri pertahanan yang berada di bawah Holding Defend ID. 

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi PTDI, Rabu, 23 Agustus 2023, Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Gita Amperiawan dan Vice President of Global Business Development Sikorsky, Perusahaan Lockheed Martin, Jeff White baru saja menandatangani Head of Agreement (HOA) tentang pengadaan Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk tersebut.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Bahkan, penandatanganan HOA pengadaan Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk itu disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto dan Wakil Menteri BUMN RI, Rosan Roeslani di Lockheed Martin, Washington. 

Menhan RI Prabowo Subianto mengatakan, kerja sama antara industri pertahanan dalam negeri dengan Lockheed Martin, Amerika Serikat itu dapat memperkuat pertahanan udara yang dilakukan TNI

TNI Berduka... Di Hadapan Kolonel Bayu, Nyonya Indri Sujud Menangis Peluk Makam Letnan Imam

“Kerja sama ini akan dapat menambah kekuatan TNI sekaligus memperkuat industri pertahanan,” kata Prabowo. 

PTDI melakukan kemitraan strategis dengan Sikorsky untuk bersama-sama membangun industri nasional dalam rangka pemenuhan kebutuhan Kementerian Pertahanan RI.

“Kesepakatan ini menunjukkan komitmen bersama kami dengan PTDI untuk menyediakan helikopter S-70M Black Hawk untuk melayani kebutuhan keamanan Indonesia,” kata Presiden Sikorsky, Paul Lemmo. 

“Black Hawk dirancang dan dibangun dengan standar militer terberat, dan dapat dengan cepat dan andal mengirimkan personel dan pasokan ke populasi yang tersebar secara geografis di wilayah kepulauan besar seperti Indonesia,” tambahnya.

Untuk diketahui, penandatanganan kesepahaman atau HOA tersebut dijadikan sebagai landasan kerja sama antara kedua pihak, dimana kedepannya Sikorsky akan mendukung dan memberikan otorisasi kepada PTDI untuk melakukan assembly terhadap sistem utama; operasi (inspection, ground and production flight testing); modifikasi; dan system upgrade.

“Kami yakin kerja sama strategis antara PTDI dan Sikorsky ini akan menghasilkan nilai tambah yang diperoleh atas kemampuan PTDI dalam integrasi, kustomisasi, modifikasi dan peningkatan sistem untuk penyelesaian helikopter. Lebih lanjut, kerja sama ini memungkinkan PTDI untuk bisa melakukan MRO pada Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk, berikut sistem dan engine-nya. Selain itu, dengan menjadi pemasok resmi Sikorsky, PTDI juga dapat mengembangkan bisnis aerostructure-nya,” kata Dirut PTDI Gita Amperiawan.

Lebih jauh Gita mengharapkan, kerja sama ini dapat memberikan hasil yang positif untuk kedua belah pihak dan tercapainya penyelesaian program helikopter hingga diserahkan ke Kementerian Pertahanan RI, serta membuka peluang yang lebih besar untuk kerja sama bisnis lainnya dengan Lockheed Martin di kemudian hari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya