KSAL: Lanal Balikpapan Akan Diubah Jadi Kodamar dan Dipimpin Laksamana Bintang Dua

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Balikpapan – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, TNI AL akan menaikkan kelas Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan menjadi Lanal Penyangga dan Komando Daerah Maritim (Kodamar) A. 

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Karena dinaikkan kelas menjadi Lanal Penyangga dan Kodamar, Lanal Balikpapan yang semula dipimpin oleh seorang Perwira TNI AL berpangkat Kolonel, maka nantinya Kodamar akan dipimpin oleh seorang Perwira Tinggi (Pati) TNI AL berpangkat bintang dua atau Laksamana Muda (Laksda).

Perubahan satuan organisasi Lanal Balikpapan itu dilakukan karena rencana pendirian dan pemindahan Ibukota Negara dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Dengan adanya pembentukan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Pangkalan TNI AL Balikpapan menjadi Lanal penyangga dan akan dinaikan kelasnya menjadi Komando Daerah Maritim (Kodamar) A, yang akan dipimpin oleh Perwira Tinggi berpangkat Bintang Dua," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali saat menemui prajurit Lanal Balikpapan seperti dilansir VIVA Militer dalam keterangan resmi Dispenal, Jum'at, 25 Agustus 2023.

Lebih jauh Kasal Muhammad Ali menjelaskan, secara geografis Lanal Balikpapan berhadapan langsung dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II, sehingga menuntut peran aktif dalam mengamankan kapal-kapal yang melintas dan mengantisipasi berbagai kerawanan yang terjadi. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

“Wilayah Balikpapan memiliki sumber daya alam dan energi yang cukup melimpah, sehingga keberadaan satuan TNI AL harus dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan nasional bangsa Indonesia," ujar Laksamana TNI Muhammad Ali.

Dalam kesempatan itu, Kasal juga berpesan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI AL agar terus meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta terus tingkatkan dedikasi, loyalitas dan profesionalisme para prajurit. 

"Jadikan kehadiran TNI AL di wilayah ini bermanfaat baik itu bagi pemerintah daerah serta masyarakat khususnya di wilayah Balikpapan," kata Muhammad Ali.

Untuk diketahui sebelumnya, dalam kunjungan kerja di Kalimantan Timur tersebut, Laksamana TNI Muhammad Ali bersama rombongan sempat meninjau titik lokasi di Dermaga Pantai Melawai yang rencananya akan dijadikan Markas Komando Daerah Maritim (Kodamar) TNI AL, serta lokasi rencana Pembangunan Dermaga yang nantinya sebagai titik penempatan unsur-unsur KRI TNI AL.

Tidak hanya itu, sehari sebelumnya Kasal beserta sejumlah pejabat tinggi Mabesal juga meninjau secara langsung lokasi yang akan dijadikan Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya