Pangdam V Brawijaya Keluarkan Perintah Khusus untuk Danrem, Dandim, dan Danramil di Jatim

VIVA Militer: Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf memimpin rapat jajaran
Sumber :
  • Pendam V/Brawijaya

Surabaya – Panglima Kodam (Pangdam) V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf menggelar rapat bersama seluruh jajarannya. Danrem, Dandim, dan Danramil se-Jawa Timur turut hadir dalam rapat khusus yang digelar di Gedung Bina Yuda, Surabaya, Senin, 28 Agustus 2023 kemarin.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Dalam kesempatan itu, jenderal bintang dua TNI AD itu mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk menjaga dan memanfaatkan seluruh aset Kodam V Brawijaya untuk kepentingan satuan dalam menjalankan tugas negara.

"Saya ingatkan semua Danrem, Dandim, dan Danramil peduli terhadap aset Kodam V Brawijaya,” kata Mayjen TNI Farid Makruf dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Selasa, 29 Agustus 2023.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Pangdam Brawijaya meyakini bahwa seluruh jajarannya mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap aset-aset Kodam V Brawijaya. Atas dasar itulah, Pangdam berharap pengelolaan aset akan lebih optimal dan dimanfaatkan dengan baik.

Selain itu, Mayjen Farid juga berharap agar dapat memanfaatkan lahan tidur yang belum dikelola secara optimal dan dimanfaatkan dengan baik. Tujuannya adalah sebagai salah satu upaya meningkatkan ketahanan pangan.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

“Memanfaatkan lahan tidur Kodam sangat penting terutama dalam memperkuat ketahanan pangan. Salah satunya adalah lahan yang ada di Gunung Yamin,” kata Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf.

Pangdam menilai bahwa lahan yang berada di Gunung Yamin dapat difungsikan dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait ketahanan pangan.

"Dari pada lahannya hanya tidur mendingan dikelola ditanami jagung, kelapa dan berbagai jenis pangan lainnya," ujarnya.
 
"Sehingga, lahan itu bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan,” tambah Pangdam.

Perwira Tinggi (Pati) TNI AD asal Madura itu kembali menegaskan Danrem, Dandim, dan Danramil agar memiliki rasa kepemilikan yang tinggi. Jika hal itu telah tercipta, maka optimalisasinya kebermanfaatannya akan dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Dengan adanya upaya Pangdam ini, ketahanan pangan diharapkan akan semakin kuat. Dirinya mengaku optimistis lahan Kodam yang masih tidur bisa memberi kontribusi besar bagi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Sementara itu, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Sugiono mengaku sudah mulai mengoptimalkan potensi lahan tanah milik TNI AD di Gunung Yamin.

Dirinya berharap optimalisasi lahan tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Yamin.

"Beberapa lokasi milik TNI AD yang ada di Gunung Yamin sudah mulai dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas perkebunan," kata Kolonel Inf Sugiono.

"Diharapkan dapat meningkatkan total produksi pangan di daerah ini. Lahannya kami tanami jagung, kelapa, pisang dan berbagai jenis tanaman lainnya,” tambahnya.

Danrem Sugiono berharap upaya tersebut dapat membantu menjaga ketahanan pangan. Juga berdampak pada ekonomi positif bagi masyarakat sekitar Gunung Yamin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya