KM Mutiara Berkah I yang Angkut 136 Truk Terbakar Hebat di Merak, Prajurit Lanal Banten Dikerahkan

VIVA Militer: Prajurit TNI AL dikerahkan padamkan api di KM Mutiara Berkah I
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Prajurit Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banten TNI AL sampai saat ini masih terus berjibaku melaksanakan evakuasi dan pemadaman api atas terjadinya kebakaran Kapal Motor (KM) Mutiara Berkah I di Dermaga IKPP (Indah Kiat) Merak Cilegon Banten, Rabu, 6 September 2023.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

"Hingga saat ini, para prajurit TNI AL bersama dengan personel dari KSOP Klas 1 Banten, Basarnas, serta Ditpolairda Banten terus berupaya melaksanakan pemadaman serta penyelamatan," kata Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer.

Danlanal Banten menjelaskan, kapal KM. Mutiara Berkah I terbakar sekitar pukul 10.40 WIB, diduga api berawal dari Truk bermuatan kendaraan bermotor yang diangkut oleh kapal naas tersebut. Api semakin membesar meskipun ABK Kapal telah berupaya melakukan pemadaman dengan Alat Pemadam Api Ringan dan Springkler. Karena kondisi semakin tidak terkendali akhirnya menyebabkan KM Mutiara Berkah I terbakar seluruhnya. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Untuk membantu pemadaman, lanjutnya, Lanal Banten sendiri telah mengerahkan Patkamla Peucang guna melaksanakan Pengamanan serta membantu evakuasi penumpang dengan dukungan ambulance dari Balai Pengobatan Lanal Banten. 

VIVA Militer: Lanal Banten kerahkan armada atasi kebakaran KM Mutiara Berkah I

Photo :
  • Dispenal
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

"Selain itu sejumlah truk TNI AL terus melaksanakan bantuan pengiriman air untuk Tim Pemadam Kebakaran," ujarnya.

"Atas terjadinya peristiwa ini, belum diketahui total kerugian serta korban jiwa dari terbakarnya Kapal Motor yang mengangkut 136 unit truk tersebut. Selain itu puluhan mobil Pemadam Kebakaran, truk tangki air, serta ambulance terus dikerahkan guna melaksanakan penanggulangan," tambahnya.

Lebih jauh, Kolonel Laut (P) Dedi menegaskan, gerak cepat para prajurit TNI AL dalam upaya membantu pemadaman api di sekitar Dermaga Merak itu sejalan dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. 

"Laksamana TNI Muhammad Ali pada berbagai kesempatan telah menegaskan, agar seluruh satuan TNI AL untuk merespon cepat terhadap kondisi-kondisi darurat yang terjadi di masyarakat, khususnya yang membutuhkan kehadiran unsur maupun personel TNI AL," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya