Senayan Bergetar, Raksasa Judo Brimob Tumbang Dibanting Kesatria Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

VIVA Militer: Judoka Yonif Para Raider 305 Tengkorak saat banting judoka Brimob
Sumber :
  • VIVA Militer

VIVA – Matras laga kelas berat Kejuaraan Nasional Judo Piala KASAD 2023 baru saja digetarkan oleh aksi luar biasa seorang kesatria dari Batalyon Infanteri Para Raider 305/Tengkorak, Kostrad, TNI Angkatan Darat.

Brasil Tunda Kirim Kendaraan Lapis Baja ke Israel Senilai Rp 2,3 Triliun, Ini Alasannya

Kesatria Pasukan Tengkorak bernama Sersan Satu Made Agus Yoga Rudi itu berhasil merebut tahta juara kelas berat +90 kelas TNI-Polri dengan menumbangkan judoka bertubuh raksasa andalan dari Brimob, Kepolisian Daerah Jambi, Bharaka Ade M Yusuf.

Dalam duel partai final yang dihelat di matras I arena Kejurnas Judo Piala KASAD 2023 di Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Sertu Made Agus berhasil menumbangkan Ade M Yusuf dalam waktu yang sangat kilat. Hanya 16 detik saja.

TNI AL, US Navy dan USMC Gelar Latihan Militer Bersama CARAT 2024 di Lampung

VIVA Militer: Judoka Yonif Para Raider 305 Tengkorak saat banting judoka Brimob

Photo :
  • VIVA Militer

Turun tanding dengan baju biru mewakili Divisi Infanteri I Kostrad di partai final, Sertu Made Agus tampil ganas melawan judoka bertubuh besar, Ade M Yusuf. Baru saja laga dimulai, selepas kedua pejudo melakukan ritsurei, mereka sudah langsung saling serang.

Di Hadapan Ratusan Perwira Hantu Laut TNI AL, KSAL: Hembusan Nafas Marinir Adalah Kesetiaan!

Awalnya terlihat Ade M Yusuf berusaha mengunci lengan kiri Sertu Made Agus sembari menjaga jarak. Dan Sertu Made Agus tak tinggal diam, saat kedua lengan Ade M Yusuf mencekal erat tangan kirinya, Sertu Made Agus secara tiba-tiba mengeluarkan teknik andalannya, dengan melakukan sergapan cepat ke bawah, Sertu Made Agus langsung menggunakan teknik bantingan kata guruma.

VIVA Militer: Judoka Yonif Para Raider 305 Tengkorak saat banting judoka Brimob

Photo :
  • VIVA Militer

Hanya dalam sekejap mata, tubuh besar Ade M Yusuf terangkat ke atas dan terbanting keras ke belakang hingga terjungkal tak berdaya menghantam matras. Seketika itu juga wasit mengangat tangan tanda kemenangan telah diraih di waktu 3:44. Juri pun langsung mengeluarkan Ippon alias nilai tertinggi yang menandakan kemenangan sempurna untuk Sertu Made Agus.

Seketika itu juga arena Kejurnas Judo KASAD 2023 bergemuruh oleh suara pendukung menyambut kemenangan luar biasa yang diraih Sertu Made Agus. Dan judoka kelahiran Denpasar, Bali 20 Mei 1996 itu dipastikan membawa pulang medali emas kelas berat +90 Kejurnas Judo Piala KASAD 2023 ke Markas Yonif Para Raider 305/Tengkorak di Karawang, Jawa Barat.

VIVA Militer: Judoka Yonif Para Raider 305 Tengkorak saat banting judoka Brimob

Photo :
  • VIVA Militer

Untuk diketahui, perjalanan Sertu Made Agus untuk sampai ke partai final kelas berat kejuaraan ini bukan pekerjaan mudah, dibutuhkan perjuangan yang sangat besar. Sebab, saat baru turun tanding di babak I saja dia sudah harus berhadapan dengan judoka dari perwakilan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Lalu setelah mengalahkan judoka Paspampres, ia harus berhadapan dengan judoka Polda Bangka Belitung untuk meraih tiket ke semifinal.

Yang tak kalah beratnya di semifinal Sertu Made Agus harus berhadapan judoka andalan Rindam Kodam Jaya, M Zein. Namun, dengan semangat dan skill yang mumpuni, M Zein bisa dikalahkan setelah dibanting dengan teknik ko uchi gari yang dilanjutkan dengan kuncian kesa gatame yang membuatnya lolos ke final menghadapi Ade M Yusuf.

VIVA Militer: Judoka Yonif Para Raider 305 Tengkorak saat kunci judoka Rindam

Photo :
  • VIVA Militer

Yang hebatnya lagi, berdasarkan siaran resmi yang diterima VIVA Militer, Sertu Made Agus menjuarai kejuaraan judo ini dengan menumbangkan lawan dalam waktu di bawah satu menit dengan kemenangan mutlak.

Kejuarnas Judo Piala KASAD 2023 ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI dan sebagai wujud komitmen TNI AD untuk memajukan olahraga di Tanah Air.

VIVA Militer: Judoka Yonif Para Raider 305 Tengkorak juarai Kejurnas Piala KASAD

Photo :
  • Yonif Para Raider 305/Tengkorak, Kostrad

Kejurnas ini dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo: Wakil KASAD, Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto; Panglima Kostrad yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) Letjen TNI Maruli Simanjuntak; Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Seluruh Indonesia Letjen TNI Richard Taruli Tampubolon; Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan; Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, serta para pengurus PB PJSI.

"Kejuaraan Judo Piala Kasad ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang pembentukan karakter dan disiplin. Kejurnas Judo ini sebagai persiapan menghadapi PON tahun depan dan kejuaraan dunia. Harapannya dari Kejurnas ini dapat melahirkan generasi Judoka yang andal di masa depan,” kata Jenderal TNI Dudung.

Baca: Kemunculan Raja Aibon dan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI dari Sarang OPM Hingga ke Muka Presiden

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya