Pangkostrad Letjen TNI Maruli Sematkan Sabuk DAN Kehormatan Judo ke Kabasarnas dan Menteri ESDM

VIVA Militer: Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak membanting atlet Judo
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) Letjen TNI Maruli Simanjuntak menyematkan Sabuk DAN Kehormatan Judo kepada Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Kusworo.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Penyematan sabuk DAN Kehormatan kepada Menteri ESDM dan Kabasarnas itu dilakukan sebelum upacara penutupan Kejurnas Judo Piala Kasad 2023 yang digelar di Lapangan Hall Basket, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 10 Oktober 2023.

"Bapak Arifin Tasrif dan Bapak Kusworo bukanlah orang baru di olah raga beladiri Judo. Beliau sejak dulu aktif dalam olah raga Judo. Penghargaan ini kita berikan karena Pak Menteri ESDM dan Kepala Basarnas termasuk orang yang telah berjasa membesarkan olahraga Judo di tanah air," kata Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak di hadapan ratusan para atlet Judo Kejurnas Piala Kasad 2023.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Pantauan VIVA Militer di lapangan, dalam kesempatan itu Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Kabasarnas Marsdya TNI Kusworo sempat melakukan demonstrasi teknik bantingan yang menjadi khas beladiri Judo di arena pertarungan. Mereka berhasil menjatuhkan atlet judo profesional dengan cepat dan disambut riuh tepuk tangan para penonton yang didominasi oleh para atlet beladiri Judo dari berbagai kalangan.

Untuk diketahui, Kejurnas Judo Piala Kasad 2023 itu dimulai sejak tanggal 7-10 Oktober 2023. 

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

VIVA Militer: Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto menutup Kejurnas Judo Piala KSAD

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Ketua Panitia Pelaksana Piala KASAD XIV/2023 Kolonel Inf Albert Simanjuntak yang didampingi Humas PB PJSI Ibu Sukma menambahkan, bahwa Kejurnas Judo Kasad Cup XIV ini mempertandingkan berbagai kelas diikuti dengan total jumlah peserta 663 atlet dari TNI-Polri dan umum terdiri dari 60 kesatuan dan 24 Pengprov PJSI dan 1 tim Pelatnas Judo Indonesia serta 127 orang official, wasit/juri kata 127 orang, wasit/juri kata  ujian 41 orang, dan panitia 121 orang, dengan total 1.052 orang.

Dalam Kejurnas Judo Piala Kasad kali ini, PJSI DKI Jakarta berhasil keluar sebagai Juara Umum dengan raihan 14 Medali Emas, 12 Medali Perak dan 9 Medali Perunggu. Posisi juara umum kedua ditempati Kontingen Pemprov Banten dengan perolehan 8 Medali Emas, 2 Medali Perak dan 7 Medali Perunggu, diikuti Juara Umum ketiga Kontingen Pengprov Jawa Barat dengan torehan 7 Medali Emas, 9 Medali Perak dan 16 Medali Perunggu.

Sementara itu, untuk kategori TNI-Polri Kontingen Kodam V/Brawijaya berhasil keluar sebagai Juara Umum dengan raihan 1 Medali Emas, 1 Medali Perak dan 2 rangking 5,  Posisi juara umum kedua ditempati Kontingen Kodam III/SLW dengan perolehan 1 Medali Emas dan 1 Medali Perak, diikuti Juara Umum ketiga Kontingen  Polda Lampung dengan torehan 1 Medali Emas dan 2 Medali Perunggu.

Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto saat membacakan amanat KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman ketika menutup Kejurnas Judo Piala Kasad 2023 mengatakan, Kejurnas Judo ini harus dijadikan bahan evaluasi dan memperbaiki diri serta melahirkan bibit bibit Judo yang andal dan berprestasi di masa mendatang.

Sebagaimana diketahui bersama Kejurnas Judo ini diikuti dari berbagai provinsi yang telah melahirkan juara-juara baru sebagai barometer perkembangan beladiri Judo di Tanah air. 

Kasad juga mengucapkan selamat kepada para peraih medali. Ia berharap dengan prestasi tersebut para juara Judo Cup Piala Kasad, dapat dipertahankan dan lebih meningkatkan prestasi lagi.

Sementara kepada yang belum berhasil, KASAD berpesan untuk terus mengukir prestasi dan tindak patah semangat, dan menjadikan pengalaman ini sebagai cambuk untuk semangat berlatih secara rutin dan intensif guna meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya