2 Unit Alutsista Baru TNI AL Resmi Perkuat Jajaran Koarmada III dan Siap Beroperasi di Wilayah Papua

VIVA Militer: TD Umsini dan TD Irau siap perkuat jajaran Koarmada III Sorong
Sumber :
  • Dispen Koarmada III

Jakarta – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda (Laksda) TNI Rachmad Jayadi memimpin upacara penyambutan kedatangan dua unit kapal tunda atau Tug Boat yang akan memperkuat jajaran alutsista TNI AL di wilayah Papua, khususnya di wilayah tugas Koarmada III Sorong.

Asyik Pesta Miras dan Ganja, 5 Mahasiswa di Papua Diciduk Polisi

Dua unit kapal tunda atau Tug Boat yang diberi nama TD Umnisi dan TD Irau itu tiba di Dermaga Markas Komando (Mako) Lantamal XIV Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya pada hari Kamis, 2 November 2023 kemarin.

Panglima Koarmada III Laksda TNI Rachmad Jayadi mengungkapkan, dua unit kapal tunda itu sebelumnya telah diresmikan dan diserahterimakan untuk masuk ke jajaran Koarmada III berdasarkan surat keputusan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali yang ditandatangani pada tanggal 21 Agustus 2023 lalu di Jakarta.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Dua unit kapal tunda itu yaitu TD Umsini dan TD Irau merupakan alutsista yang dibuat oleh perusahaan galangan kapal dalam negeri, yaitu PT Noahtu Shipyard Jakarta.
 
"Hal tersebut sejalan dengan komitmen TNI Angkatan Laut dalam mendukung kebijakan Pemerintah berupa Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) serta merupakan bukti nyata dari kemandirian industri pertahanan dalam negeri," kata Pangkoarmada III Laksda TNI Rachmad Jayadi dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Jum'at, 3 November 2023.

VIVA Militer: Pangkoarmada III sambut kedatangan dua unit alutsista TNI AL baru

Photo :
  • Dispen Koarmada III
Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Lebih jauh Pangkoarmada III menjelaskan, bahwa TD Umsini dan TD Irau merupakan kapal jenis Tunda Pelabuhan yang diawaki sekitar 10 personel yang akan dipergunakan untuk membantu Kapal Perang TNI AL (KRI) jajaran Koarmada III terutama yang berukuran besar untuk lepas sandar di Pelabuhan Sorong, khususnya di Dermaga Lantamal XIV, maupun di Dermaga Mako Koarmada III Katapop Kab Sorong. 

"Sehingga ini dapat mengoptimalkan waktu serta keamanan bernavigasi KRI di alur pelabuhan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Pangkoarmada III, kehadiran  dua unit Tug Boat/Kapal Tunda ini, selain mampu mendukung lepas sandar KRI, juga memiliki kemampuan untuk menanggulangi kebakaran di laut maupun di pelabuhan. Sebab, kedua kapal tunda terbaru TNI AL ini dilengkapi dengan perangkat External Fire Fighting system. 

Tidak hanya itu, kedua tug boat itu juga dilengkapi dengan Oil Dispersant System untuk mengatasi pencemaran limbah minyak di laut. 

"Dengan demikian, TD Umsini dan TD Irau diharapkan mampu membantu fungsi Pangkalan dalam mendukung operasional KRI serta meningkatkan keselamatan di wilayah Pelabuhan Lantamal XIV Sorong dari bahaya kebakaran dan pencemaran limbah di laut," kata  Pangkoarmada III.

Diakhir sambutannya, Pangkoarmada III mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di jajaran Koarmada III, khususnya di Lantamal XIV Sorong. Dia pun berpesan kepada seluruh prajurit TNI AL yang mengawaki kedua tug boat agar selalu menjaga dan memelihara terus kondisi teknis kapal, supaya tingkat kesiapan kapal selalu terjaga dan bisa memenuhi tuntutan kesiapsiagaan operasional unsur Koarmada III.

"Pegang teguh prinsip Zero Accident dan mematuhi Standard Operating Procedure (SOP) agar keselamatan personel maupun materiil selalu terjaga," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya