2 Pesawat Hercules TNI Pembawa Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Perang Gaza Tiba di Mesir

VIVA Militer: Menhan RI Prabowo Subianto bersama Duta Besar Mesir Ashraf Sultan
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Dua pesawat militer jenis Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara yang membawa bantuan kemanusiaan untuk korban perang Gaza sudah tiba di Bandara El Arish, Mesir pagi tadi sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto usai bertemu dengan Duta Besar Mesir Ashraf Mohamed Moguib Sultan di Kantor Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Senin, 6 November 2023.

"Untuk (bantuan kemanusiaan) pesawat pertama sudah sampai, dan menyusul lagi, terus menerus," kata Menhan RI Prabowo Subianto.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Kabar tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) TNI Julius Widjojono. Menurut Julius, rombongan pembawa bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia untuk rakyat Palestina yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia (Wamenlu) Pahala Mansury sudah tiba di Bandara El Arish, Mesir.

"Pihak yang menyambut dan menerima bantuan kemanusiaan di bandara El Arish, Mesir yaitu Dubes RI LBBP Y.M. Lutfi Rauf, Athan RI Cairo Kolonel Kav Aria S. Saleh, Korfung Politik Dian Ratri, Staf KBRI dan staf Kantor Athan RI, serta pihak Egyptian Red Crescent/Bulan Sabit Merah Mesir," kata Laksda TNI Julius Widjojono saat dikonfirmasi VIVA Militer.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

VIVA Militer: 2 Pesawat Hercules TNI AU tiba di Bandara El Arish Mesir

Photo :
  • Puspen TNI

Setibanya di Bandara El Arish, lanjut Kapuspen TNI, dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) oleh Wamenlu RI kepada perwakilan Egyptian Red Crescent, Ahmed Aly.

Selanjutnya, bantuan kemanusiaan ini akan dikelola pengirimannya sampai ke Palestina oleh Palang Merah Internasional Mesir. 

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, pada hari Sabtu, 4 November 2023 lalu, Presiden RI Joko Widodo telah melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia untuk warga Palestina yang menjadi korban perang Gaza.

Bantuan kemanusiaan tersebut diterbangkan dengan menggunakan tiga unit pesawat yang terdiri dari dua unit pesawat Hercules C-130 milik TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Satu unit lainnya menggunakan pesawat kargo komersil yang diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta.

Adapun total bantuan yang dikirim sebanyak 51.5 ton, berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza.

"Ya ini bantuan segera diberangkatkan jadi dari sini ada dua pesawat, memuat 21 ton kemudian sisanya ada di Soekarno Hatta lewat pesawat kargo yang memuat lebih banyak yaitu kurang lebih 30-an ton," kata Presiden RI Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu, 4 November 2023 lalu.

"Dari sini nanti akan dibawa ke lewat jeddah, jeddah berhenti menunggu antrean untuk masuk ke El-Arish, Mesir, dari El-Arish nanti baru dibawa ke Gaza," tambah Jokowi.

Dari informasi yang dihimpun VIVA Militer, jumlah personel TNI yang dilibatkan dalam pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina berjumlah 44 personel, yang terdiri dari Mission Commander (Kol Pnb Subhan, Danwing 2 Lanud Abd Saleh), 1 orang Deputy Mission Commander, 1 orang Dalops Sops TNI, 1 orang Puspen TNI, 17 orang Crew Pesawat Hercules C-130 A-1327, 17 orang Crew Pesawat Hercules C-130 A-1328, dan 6 orang Tim Pam Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU.

Usai menurunkan atau bongkar muat bahan bantuan, rencananya 2 pesawat militer TNI itu langsung kembali ke Indonesia dengan rute El Arish (Mesir) - Abu Dhabi (UEA) - Mumbai (India) - Yangon (Myanmar) - Aceh - Halim, Jakarta.

"Diperkirakan tiba di Bandara Halim PK pada tanggal 8 November 2023 pukul 15.25 Wib," kata Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya