KSAL Muhammad Ali Lantik 2 Pejabat Penting TNI AL, Danpushidrosal dan Pangkolinlamil Diganti

VIVA Militer:KSAL Muhammad Ali pimpin Sertijab Danpushidrosal dan Pangkolinlamil
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hari ini memimpin upacara militer Serah Terima Jabatan (Sertijab) dua jabatan strategis di lingkungan TNI Angkatan Laut. Dua jabatan yang hari ini melakukan serah terima jabatan adalah Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Jabatan Komandan Pushidrosal diserahkan dari Laksdya TNI Nurhidayat kepada pejabat baru, yaitu Laksda TNI Laksamana Muda TNI Budi Purwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Wadan Pushidrosal. Laksdya TNI Nurhidayat saat ini ditarik menjadi Pati Mabes TNI Angkatan Laut karena akan memasuki masa purna tugas atau pensiun dari prajurit aktif TNI AL.

Sementara, untuk jabatan Pangkolinlamil diserahterimakan dari Laksamana Muda (Laksda) TNI Edwin kepada Laksamana Pertama (Laksma) TNI Hudiarto Krisno Utomo yang sebelumnya menjabat Wakil Asisten Perencanaan Kepala Staf Angkatan Laut (Waasrena Kasal). Sementara, Laksda TNI Edwin saat ini akan menempati posisi barunya sebagai Asrena Kasal.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Dalam amanatnya, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan bahwa jabatan yang baru ini adalah bentuk apresiasi pemimpin TNI Angkatan Laut atas prestasi, dedikasi, kerja keras dan kemampuan yang dimiliki para pimpinan satuan yang baru.

Kasal berharap, semoga kepercayaan tersebut dapat dijawab dengan kinerja dan kontribusi yang lebih baik dalam melanjutkan capaian tugas dan hasil operasi yang telah ditorehkan oleh pejabat sebelumnya.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

"Baru saja kita melaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danpushidrosal dan Pangkolinlamil. Dan Alhamdulillah pelaksanaaan (Sertijab) berjalan lancar. Dan seperti kita ketahui bahwa Pushidrosal maupun Kolinlamil telah banyak berkiprah dan memajukan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan TNI AL," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali di Markas Kolinlamil, Jakarta Utara, Senin, 20 November 2023.

Lebih jauh Kasal menjelaskan, Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) selama ini memiliki peranan penting dalam melaksanakan  survei pemetaan Hidro-Oseanografi militer maupun nasional yang meliputi survei penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, dan keselamatan navigasi pelayaran serta menyiapkan data dan informasi di wilayah perairan dan yurisdiksi nasional dalam rangka mendukung kepentingan TNI maupun publik untuk pertahanan negara dan pembangunan nasional.

"Untuk Pushidrosal sendiri saat ini sudah menjadi anggota International Hydrograhic Organization (IHO) dan termasuk yang dipandang di kawasan Asia-Pasifik maupun Asia Selatan," ujarnya.

Sementara itu, lanjut Laksamana TNI Muhammad Ali, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) merupakan Kotama pembinaan dan operasional TNI AL, yang selama ini mengemban tugas membina kemampuan sistem Angkatan Laut militer termasuk potensi Angkatan Laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara di laut serta melaksanakan angkatan administratif, taktis dan strategis.

Selain itu, lanjut Kasal, Kolinlamil selama ini telah menjalankan fungsinya dalam mendukung pergeseran pasukan dan logistik, baik yang dilakukan dari Jakarta menuju Surabaya, maupun ke daerah operasi sebagaimana yang diperintahkan oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

"Saya rasa kinerjanya sudah jelas, dan pelaksanaannya sekarang diharapkan dengan adanya regenerasi pimpinan ini, maka baik Pushidrosal maupun Kolinlamil akan meningkat pula kinerja dan kiprahnya di seluruh Indonesia maupun di dunia internasional," kata Laksamana TNI Muhammad Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya