Letkol Arief, Pemilik Tab Pasukan Khusus Amerika Lepas Jabatan Komandan Penyerbu Langit Kostrad TNI

VIVA Milter: Letkol Inf Arief serahkan jabatan Komandan Yonif 501/Bajra Yudha
Sumber :
  • Yonif 501/Bajra Yudha

VIVA – Setelah 22 bulan hidup bersama di Markas Pasukan Langit Penyerbu Kota Dili di Madiun, Jawa Timur. Akhirnya Letnan Kolonel Inf Arief Widyanto harus pergi dan berpisah dengan para kesatria Batalyon Infanteri Para Raider 501/Bajra Yudha, Kostrad, TNI Angkatan Darat.

Nekat Terobos Masuk Kompleks Militer Halim, Geng Motor Bersajam Ditangkap Prajurit TNI

Perwira menengah lulusan Akademi Militer (Akmil) 2004 ARUPADATU itu, harus meninggalkan prajurit-prajurit Yonif 501/BY karena mendapatkan amanah baru untuk pindah ke Pulau Emas, Sumatera guna menjabat Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0416/Bungo Tebo di Jambi.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Yonif 501/BY yang diterima VIVA Militer, Senin 20 November 2023, Letkol Inf Arief telah menyerahkan jabatan Komandan Pasukan Langit kepada juniornya, Mayor Inf Yakhya Wisnu Arianto.

Malam Menegangkan di Laut Perbatasan Malaysia, Kopaska TNI Temukan Kristal Seharga 1,5 Miliar

Penyerahan jabatan telah dilaksanakan di Markas Pasukan Langit dengan dipimpin Komandan Brigade Infanteri 18/Trisula, Divisi Infanteri 2, Kostrad, Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo.

VIVA Milter: Letkol Inf Arief serahkan jabatan Komandan Yonif 501/Bajra Yudha

Photo :
  • Yonif 501/Bajra Yudha
Kelelahan, 30 Tentara Israel Ogah Serang Wilayah Rafah

Letkol Inf Arief Widyanto mulai menjabat Danyonif 501/BY sejak terhitung 18 Januari 2022, ketika itu ia dipercaya untuk menggantikan Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya yang dipromisikan untuk menjabat Dandim 1503/Tual.

Selama 22 bulan menjabat Danyonif 501/BY, Letkol Inf Arief Widyanto dikenal sebagai sosok yang berwibawa, kharismatik karena memiliki kedekatan khusus dengan semua prajurit TNI yang dipimpinnya sehingga menciptakan suasana kekeluargaan yang sangat kental.

VIVA Militer: Letkol Inf Arief semasa di Ranger School Amerika.

Photo :
  • Yonif PR 501 Bajra Yudha

Letkol In Arief Widyanto ini bukan perwira TNI kaleng-kaleng lho. Ia merupakan salah satu perwira yang memiliki tab RANGER. Tab itu merupakan sebuah tanda bahwa seorang tentara merupakan alumni dari Ranger School.

Untuk bisa masuk mendapatkan pendidikan di Ranger School bukan perkara mudah, apalagi bagi prajurit militer Indonesia. Bahkan tentara Amerika juga banyak yang gagal karena standar kelulusan sangat tinggi dan menggunakan sistem gugur.

VIVA Militer: Letkol Inf Arief saat bersalaman dengan SBY

Photo :
  • Yonif PR 501 Bajra Yudha

Mas Arief tercatat sebagai lulusan di tahun 2012 Ranger School. Salah satu tokoh militer Nusantara yang memiliki tab RANGER ialah Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Susilo Bambang Yudhoyono. Dan menariknya, Pak SBY dan pernah berjumpa Mas Arief. Dan Pak SBY sempat dibuat kaget melihat Mas Arief mengenakan tab pasukan khusus Amerika Serikat itu.

Selamat bertugas di tempat yang baru Mas Arief, semoga selalu diberikan kesuksesan di mana pun berada. Dan selamat menjabat Danyonif 501, Mayor Inf Yakhya Wisnu Arianto...

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya