TNI Bangun Dua Markas Militer Baru di Muka Malaysia Timur Pulau Borneo

VIVA Militer: Lokasi markas militer yang baru didirikan TNI Angkatan Darat
Sumber :
  • Repro Google Map

VIVA – TNI Angkatan Darat ternyata enggak main-main dalam menyusun rencana strategis keamanan demi menjaga kedaulatan NKRI. Terbukti, dua markas militer level Komando Distrik Militer (Kodim) baru saja didirikan tepat di muka wilayah Malaysia Timur.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Dua markas kodim yang baru didirikan itu berada di bawah kendali Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura, keduanya yaitu Komando Distrik Militer 1029/Bengkayang dan Komando Distrik Militer 1210/Landak.

VIVA Militer: Mayjen TNI Iwan Setiawan resmikan Kodim Bengkayang.

Photo :
  • Kodam Tanjungpura
BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

Berdasarkan siaran Penerangan Kodam Tanjungpura dilansir VIVA Militer, Selasa 28 November 2023, kedua kodim itu telah diresmikan beroperasi oleh Pangdam Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan.

Menurut Mayjen TNI Iwan Setiawan, pembentukan dua kodim baru di wilayah Kodam Tanjungpura ini merupakan implementasi dari rencana strategis TNI Angkatan Darat.

Mabes TNI Mulai Bahas Strategi dan Taktik Pengamanan Tamu Negara Peserta KTT WWF Bali

VIVA Militer: Mayjen TNI Iwan Setiawan resmikan Kodim Bengkayang.

Photo :
  • Kodam Tanjungpura

Kehadiran kodim baru juga diyakini dapat memberikan efektivitas dan memperluas jangkauan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial TNI AD dalam pemberdayaan wilayah pertahanan.

"Saya tekankan kepada seluruh prajurit TNI Kodim 1209/Bengkayang, sesuatu yang menjadi tanggung jawab kita semua. Dan semua kepada prajurit harus punya ide kreatif untuk membesarkan satuan baru. Syukuri nikmatnya yang ada dengan tulus membangun satuan kodim ini, jaga kesehatan prajurit beserta keluarga," ujar Pangdam Tanjungpura.

VIVA Militer: Mayjen TNI Iwan Setiawan resmikan Kodim Bengkayang.

Photo :
  • Kodam Tanjungpura

Untuk diketahui, Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia Timur. Sejak dahulu belum ada Kodim di Bengkayang, daerah ini sebelumnya berada di bawah tanggungjawab Kodim 1202/Singkawang.

Markas Kodim Bengkayang telah berdiri, TNI membangunnya di Jalan Sanggau Ledo-Bengkayang, Desa Magmagan Karya, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan.

Kodim Bengkayang dan Kodim Landak ini masuk ke wilayah Korem 121/Alambhana Wanawai, Kodam Tanjungpura. Dengan berdirinya dua kodim baru ini, maka kini Kodam Tanjungpura memiliki sebanyak 18 kodim.

Baca: Letkol Suherman Melesat Jadi Komandan Pasukan Harimau Putih Hantu Laut Marinir TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya