Usia Dilantik Jadi KSAD, Jenderal Maruli Ungkap Pesan Penting Jokowi Kepada Dirinya

Pelantikan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak
Sumber :
  • Biro Setpres

Jakarta – Usai dilantik secara resmi menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara siang tadi, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengungkapkan pesan Jokowi kepada dirinya. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Menurut Jenderal TNI Maruli, Presiden Jokowi meminta kepada dirinya sebagai pemegang tongkat tertinggi di Matra Angkatan Darat untuk memastikan bahwa TNI AD akan bersikap netral dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Mengenai netralitas itu yang beliau (Jokowi) sangat tekankan," kata KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 29 November 2023.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Mantan Pangkostrad itu pun memastikan, bahwa dirinya akan menjaga nama baik institusi TNI, khususnya TNI Angkatan Darat terkait dengan menjaga netralitas TNI dalam pesta demokrasi mendatang.

"Saya pribadi tidak ingin mempertaruhkan nama institusi Angkatan Darat yang sudah baik. Saya tidak mau nanti ini akan menjadi sejarah yang panjang, bahwa kami di TNI, Angkatan Darat khususnya, tidak netral dalam Pemilu,” ujarnya.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Jenderal bintang empat yang dibesarkan oleh Korps Baret Merah (Kopassus) itu pun memastikan bahwa dirinya tidak akan segan-segan dalam memberikan sanksi tegas apabila ada prajurit TNI AD yang "nakal" atau melanggar aturan yang telah ditetapkan.

Dalam kesempatan itu, Kasad juga mengungkapkan rasa syukur atas amanah yang telah diberikan Presiden Jokowi kepadanya, dan ia berharap ke depan ia bisa menjalankan tugas-tugasnya sebagai orang nomor satu di TNI AD dengan baik.

Untuk diketahui, pelantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kasad itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103 - TNI Tahun 2023, tentang Pemberhentian Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Pengangkatan Letjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat yang baru, terhitung mulai tanggal 29 November 2023. 

Usai Pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat, kemudian Presiden Joko Widodo menyematkan tanda jabatan Kasad, dan dilanjutkan dengan pengambilan Sumpah Jabatan, serta penandatanganan berita acara pengangkatan. Semua prosesi tersebut disaksikan pula oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal TNI Listyo Sigit Prabowo. 

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 - Tahun 2023, tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Tinggi TNI, Kasad juga kini resmi menyandang pangkat baru sebagai Jenderal TNI (Bintang Empat).

Sejumlah pejabat negara dan militer turut hadir dalam upacara pelantikan KSAD tersebut, diantaranya adalah Menko Marves Letjen TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, serta Wakasad Letjen TNI Arif Rahman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya