Ternyata Jenderal M Saleh Pecah Rekor 54 Tahun Panglima Kostrad TNI

VIVA Militer: Letjen TNI MSM
Sumber :
  • Penerangan Kostrad

VIVA – Tentara Nasional Indonesia resmi mengangkat Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa untuk mengisi kursi jabatan Panglima Kostrad, TNI Angkatan Darat.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Letjen TNI M Saleh Mustafa dipercaya menjabat Panglima Kostrad TNI untuk menggantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang diputuskan Presiden RI, Joko Widodo untuk menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang melesat jadi Panglima TNI.

Di balik jabatan amanah baru sebagai orang nomor satu di tubuh korps berat hijau ini ternyata ada fakta sejarah penting yang secara tak sengaja telah dipecahkan Letjen TNI M Saleh Mustafa.

BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

VIVA Militer: Letjen TNI MSM

Photo :
  • Penerangan Kostrad

Tak tanggung-tanggung, Letjen TNI M Saleh Mustafa telah mencetak rekor baru yang selama 56 tahun tak pernah terjadi lagi di Kostrad.

Mabes TNI Mulai Bahas Strategi dan Taktik Pengamanan Tamu Negara Peserta KTT WWF Bali

Mau tahu rekor apakah yang dipecahkan jenderal TNI berdarah Komando Pasukan Khusus (Kopassus) itu. Simak ulasan VIVA Militer di edisi Rabu 23 Desember 2023 ini.

Sejak dibentuk pada tahun 1961 hingga tahun 2023 ini, sudah 44 orang perwira tinggi militer yang menjabat sebagai Panglima Kostrad dimulai dari Jenderal Besar TNI (Purn) Soeharto hingga Letjen TNI M Saleh Mustafa.

Hanya saja dari 44 nama itu baru dua orang yang diangkat jadi Panglima Kostrad setelah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad). Yaitu Letjen TNI (Purn) Kemal Idris dan Letjen TNI M Saleh Mustafa.

VIVA Militer: Letjen TNI MSM

Photo :
  • Penerangan Kostrad

Selama ini sebagian besar pati yang diangkat menjadi Panglima Kostrad TNI berasal dari Panglima Komando Daerah Militer alias Pangdam. Yang terbanyak adalah Pangdam Jayakarta dan Pangdam Siliwangi.

Lalu ada juga yang beradal dari Komandan Jenderal Kopassus dan yang baru-baru ini berasal dari Komandan Kodiklatad. Seperti Letjen TNI
Hadi Waluyo, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Letjen TNI Agus Kriswanto dan Jenderal TNI Andika Perkasa.

Nah untuk Kaskostrad, pertama kali naik jabatan jadi Panglima Kostrad yakni pada tahun 1967, ketika Kaskostrad saat itu Letjen TNI Kemal Idris menjadi Panglimas Kostrad ke-3 menggantikan Letjen TNI Umar Wirahadikusuma yang dipromosikan menjabat Wakil KSAD.

Setelah Letjen TNI Kemal Idris digantikan Letjen TNI Wahono pada 1969, yang sebelumnya menjabat Pangdam Jayakarta, selama 54 tahun alias lebih dari setengah abad tak ada lagi pati penjabat Kaskostrad yang naik jadi Panglima Kostrad, dan baru pada Desember 2023, seorang Kaskostrad naik jadi Pangkostrad, yang tak lain adalah Letjen TNI M Saleh Mustafa.

Letjen TNI M Saleh Mustafa sebenarnya juga belum lama menjadi Kaskostrad, beliau baru sekitar 3 bulan jadi Kaskostrad menggantikan Mayjen TNI Syafrial, yang dipercaya jadi Pangdam Pattimura.

Baca: Tangis Pecah, Pasukan Elang Aceh TNI Terbang ke Tambang Emas Raksasa Dunia di Belantara Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya